KSPI nilai komentar Hatta soal UMP-pengangguran keliru

Sabtu, 09 November 2013 - 14:28 WIB
KSPI nilai komentar Hatta soal UMP-pengangguran keliru
KSPI nilai komentar Hatta soal UMP-pengangguran keliru
A A A
Sindonews.com - Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengkritisi komentar Menteri Perekonomian RI Hatta Rajasa, yang mengatakan bahwa saat ini pengangguran meningkat karena kenaikan upah.

"Pak Hatta asal ngomong itu. Karena dia melihat hal itu berdasarkan penambahan upah hanya di Jakarta," ujarnya kepada Sindonews, Sabtu (9/11/2013).

Menurut Said, berdasarkan data yang dirilis BPS jumlah pengangguran yang disebutkan total dari seluruh Indonesia, bukan hanya di Jakarta. Sedangkan kenaikan upah di luar Jakarta biasa-biasa saja. Meningkatnya pengangguran jika dilihat dari rilis BPS karena banyak faktor.

"Sekali lagi tidak ada korelasinya, ada faktor yang menyebabkan pengangguran bertambah adalah orang yang baru lulus sekolah tidak mendapatkan pekerjaan dikarenakan terjadi perlambatan ekonomi," jelasnya.

Dia menilai perlambatan ekonomi yang terjadi merupakan kegagalan pemerintah dimana nilai rupiah jatuh terhadap nilai mata uang asing.

Faktor selanjutnya, peraturan baru tentang outsourching menyebabkan penguasaha butuh waktu dalam mengangkat pegawainya menjadi karyawan tetap.

"Nah, jeda waktunya ini yang mereka masukan juga ke golongan pengangguran. Padahal, mereka kan menunggu pengangkatan," tandas Said.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4981 seconds (0.1#10.140)