KSPI pastikan buruh akan demo besok

Rabu, 27 November 2013 - 10:06 WIB
KSPI pastikan buruh akan demo besok
KSPI pastikan buruh akan demo besok
A A A
Sindonews.com - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal memastikan, ratusan ribu buruh akan turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi kepada pemerintah dan pihak berwenang atas nasib mereka sebagai buruh dan pekerja.

Dia menjelaskan bahwa para peserta aksi yang terdiri dari seluruh serikat pekerja dan serikat buruh di Jakarta, Bogor, Depok Tangerang, Bekasi dan sekitarnya sudah sangat siap dalam merencanakan aksi yang akan digelar selama dua hari, mulai besok (28-29 November 2013).

"Prinsipnya, aksi 28 November di DKI akan dipusatkan di Balai Kota dan Kawasan Industri Pulo Gadung, Sunter dan KBN Cakung. Sedangkan puluhan ribu buruh dari Bodetabek akan aksi di Istana, Balai Kota dan Mabes Polri," ujar Said dalam rilisnya kepada Sindonews, Rabu (27/11/2013).

Dalam aksi demonstrasi tersebut, Said menuturkan, yang menjadi fokus utama tuntutan buruh terutama seputar penetapaun upah minimum provinsi (UMP) dan pengusutan pelaku penganiaya buruh dalam aksi serupa yang digelar bebebrapa waktu lalu.

Adapun tuntutan serikat pekerja dan buruh yang akan disampaikan dalam aksi demonstrasi selama dua hari itu, meliputi revisi nilai upah minimum, pencabutan Inpres No. 9/2013 dan Permenakertrans No 7/2013 tentang Komponen Hidup Layak (KHL), tangkap pelaku penganiyaan buruh dan jalankan jaminan kesehatan seluruh rakyat sejak 1 Januari 2014 tidak bertahap.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5779 seconds (0.1#10.140)