UI luncurkan dua mobil masa depan

Rabu, 04 Desember 2013 - 15:12 WIB
UI luncurkan dua mobil masa depan
UI luncurkan dua mobil masa depan
A A A
Sindonews.com - Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Supermileage Vehicle Team (UI SMV) meluncurkan dua mobil masa depan. Terdiri dari prototype bensin dan prototype urban concept yang hemat energi.

Kategori prototype bensin, UI SMV melalui Nakoela Team menampilkan mobil Keris RV yang sebelumnya mencetak rekor satu liter bensin untuk 1.027 KM. Keris RV berbobot 45 kilogram dengan rangka berbahan alumunium internal combustion engine serta 110 cc carburretor.

Sementara, prototype urban concept UI melalui Sadewa Team menampilkan Kalabia Evo-S dengan best attempt result pada angka 250 KM/liter. Bobot mobil futuristik ini 72 kilogram yang dilengkapi dengan sistem sekuensial injeksi dan hi empedance injection.

Pejabat Rektor UI, Muhammad Anis mengatakan, kategori prototype bensin mempertandingkan kendaraan berbentuk futuristik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.

Kategori prototype urban concept lebih difokuskan pada desain dan hemat energi. "Sesuai dengan kebutuhan pengemudi saat ini. Keduanya dirancang untuk tujuan yang sama, menempuh jarak terjauh dengan satu liter bahan bakar," kata Anis, Rabu (4/12/2013).

Kepala Kantor Komunikasi UI, Farida Haryoko menambahkan, UI Supermileage Vehicle merupakan perkumpulan otomotif bentukan mahasiswa UI lintas fakultas dengan moto We desig, build and race the best vehicle with the best efficiency.

"Dua mobil karya tim UI SMV akan dipertandingkan pada ajang Shell Eco Marathon Asia pada Februari 2014 di Filipina," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1334 seconds (0.1#10.140)