Kunjungi Sindo, Gita diskusikan nasionalisme ekonomi

Kamis, 12 Desember 2013 - 14:12 WIB
Kunjungi Sindo, Gita diskusikan nasionalisme ekonomi
Kunjungi Sindo, Gita diskusikan nasionalisme ekonomi
A A A
Sindonews.com - Saat menyambangi kantor redaksi Koran Sindo, Menteri Perdagangan (Mendag), Gita Wirjawan banyak menyinggung soal penerapan nilai-nilai nasionalisme untuk rencana ekonomi Indonesia.

Menurutnya, bicara ekonomi sebagai pilar nasionalisme, bukan sekedar retorika pengucapan kata-kata nasionalisme. Tetapi, bagaimana ekonomi mampu menampung banyak lapangan kerja bagi masyarakat.

"Saya berpendapat jangan sampai kita bicara nasionalisme itu sebatas retorika, kedengarannya kita ngomong nasionalisme," kata Gita, di Kantor Sindo, Jakarta, Kamis (12/12/2013).

Dalam sistem ekonomi yang diterapkannya, Gita mengaku banyak dikritik soal kebijakan ekonomi yang pro pasar dan cenderung menganut kebijakan ekonomi asing. Namun, baginya selama kebijakan asing tersebut mampu menciptakan lapangan kerja, maka hal itu sama dengan membangun prinsip nasionalisme.

Peserta konvensi Partai Demokrat ini menganggap keberhasilan dirinya saat memprotek Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) yang notabene syarat kepentingan asing, tetapi manfaatnya mampu membuka lapangan kerja untuk masyarakat.

"Saya melihat nasionlisme ini berdasarkan rekam jejak. Rekam jejak ini seperti waktu awal saya aktif di BPKM. Angka itu enggak bisa bohong, tapi retorika itu bisa bohong," ujarnya.

Gita menegaskan, nasionalisme ekonomi bisa dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini, tambah dia, kecenderungan pengelolaan aset negara harus dijadikan peluang dan manfaat penciptaan lapangan kerja.

"Kalau mau bicara nasionalisme kita harus berani enggak munafik, harus ada setempel merah putihnya. Saya sepakat itu," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5086 seconds (0.1#10.140)