Indeks manufaktur Zona Euro tertinggi dalam 31 ​​bulan

Kamis, 02 Januari 2014 - 19:52 WIB
Indeks manufaktur Zona Euro tertinggi dalam 31 ​​bulan
Indeks manufaktur Zona Euro tertinggi dalam 31 ​​bulan
A A A
Sindonews.com - Aktivitas bisnis di Zona Euro mencatat pertumbuhan terkuat dalam 31 ​​bulan tanda terbaru pemulihan, meskipun Perancis tetap berada di wilayah resesi.

Markit Economics mencatat komposit indeks manajer pembelian (purchasing managers index/PMI) Zona Euro untuk Desember naik menjadi 52,7 poin dari 51,6 poin pada November 2013, sebagai kenaikan bulanan ketiga berturut-turut.

"Kemajuan penguatan di sektor manufaktur membantu pemulihan kawasan euro menjadi lebih kuat," kata kepala ekonom Markit, Chris Williamson, seperti dilansir dari AFP, Kamis (2/1/2014).

Data terakhir menunjukkan peningkatan produksi sekitar satu persen pada kuartal terakhir 2013. "Dengan produsen melaporkan pertumbuhan lebih lanjut dari pesanan baru, ekspor dan backlog kerja. Panggung diatur awal tahun 2014 yang baik, di mana ada kemungkinan sektor manufaktur akan bermakna membantu mendorong pemulihan meskipun masih sederhana," jelas Williamson.

Jerman, Italia dan Spanyol mencatat kenaikan terkuat dalam output sejak awal 2011, tapi di sisi lain Perancis mencatat penurunan steepening sebagian karena penurunan ekspor. "Ini menunjukkan bahwa daya saing merupakan isu kunci di sektor manufaktur Perancis," ujar Williamson.

Berbeda dengan Yunani yang mencatat angka tertinggi dalam 52 bulan, Perancis jatuh ke level terendah dalam tujuh bulan. Tingkat pekerjaan memegang pertumbuhan pada Desember stabil, hal ini kreasi di Jerman, Italia dan Irlandia, serta perlambatan PHK di Spanyol dan Yunani. Namun, pengangguran di Perancis dan Austria mempercepat.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6444 seconds (0.1#10.140)