Menperin resmikan pabrik kedua Honda di Karawang

Rabu, 15 Januari 2014 - 13:52 WIB
Menperin resmikan pabrik kedua Honda di Karawang
Menperin resmikan pabrik kedua Honda di Karawang
A A A
Sindonews.com - Investasi di sektor industri otomotif terus meningkat. Salah satunya ditandai dengan peresmian pabrik dan peluncuran varian baru kendaraan merek Honda Mobilio.

Menteri Perindustrian Mohamad S Hidayat mengatakan, tingginya minat investasi tersebut menandakan bahwa iklim investasi di Indonesia sudah semakin meningkat. Dan mampu bersaing dengan negara produsen otomotif lainnya di ASEAN.

Dalam sambutannya pada acara peresmian pabrik kedua dan peluncuran kendaraan bermotor Honda Mobilio hasil produksi PT Honda Prospect Motor (HPM) di Karawang, hari ini, Hidayat menyampaikan apresiasi atas kepercayaan serta komitmen HPM untuk berinvestasi di Indonesia.

Menperin berharap pembangunan pabrik kedua berkapasitas produksi 120.000 unit per tahun dan nilai investasi Rp3,1 triliun ini, akan memberikan kontribusi besar bagi perekonomian Indonesia.

"Melalui pembangunan pabrik kedua ini, maka HPM tidak hanya menambah investasinya di Indonesia. Namun juga menambah penyerapan tenaga kerja baru, meningkatkan jumlah dan kepemilikan pemasok lokal dalam kegiatan produksinya, serta meningkatkan aktivitas ekonomi dalam jalur distribusi," terang Hidayat dalam rilisnya, Rabu (15/1/2014).

Menurutnya, dengan pabrik kedua ini akan menciptakan lapangan kerja sekitar 3.900 orang tenaga kerja langsung pada industri perakitan, 12.000 orang tenaga kerja pada tingkat industri pemasok, serta sekitar 6.200 orang tenaga kerja pada tingkat dealer atau distribusi. Sehingga akan memberikan kontribusi yang semakin besar terhadap perekonomian Indonesia.

Menperin mengatakan, pemerintah terus bertekad untuk menjaga, meningkatkan dan menyempurnakan iklim usaha yang kondusif. Sehingga para investor mendapatkan kepastian berusaha yang lebih baik dalam menyusun pengembangan industri secara lebih terukur dan terencana.

Selain itu, sejalan dengan semakin meningkatnya investasi tersebut, maka industri kendaraan bermotor dalam negeri pun semakin berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Hal itu tercermin dari angka penjualan maupun produksi yang terus meningkat, dimana penjualan kendaraan bermotor roda empat 2012 mencapai 1,1 juta unit dan 2013 mampu menembus angka 1,2 juta unit.

Angka penjualan ini akan terus meningkat seiring dengan peningkatan ekonomi Indonesia. "Harapan saya, semoga dengan dibangunnya pabrik kedua ini, pangsa pasar produk Honda dalam mengisi pasar dalam negeri akan semakin besar," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4904 seconds (0.1#10.140)