SIA-Air New Zealand beraliansi perluas layanan

Kamis, 16 Januari 2014 - 15:47 WIB
SIA-Air New Zealand beraliansi perluas layanan
SIA-Air New Zealand beraliansi perluas layanan
A A A
Sindonews.com - Singapore Airlines (SIA) dan Air New Zealand telah setuju untuk membentuk sebuah aliansi yang memungkinkan Air New Zealand terbang kembali pada rute Auckland-Singapura dan Singapore Airlines untuk pertama kalinya akan mengoperasikan pesawat Airbus A380 ke New Zealand.

Pesawat Airbus A380 akan dioperasikan oleh Singapore Airlines untuk menggantikan penggunaan armada Boeing 777-300ER yang memiliki ukuran lebih kecil, di mana saat ini jenis pesawat tersebut melayani rute Singapura dan Auckland.

Sementara itu, Air New Zealand akan meresmikan penerbangan harian antara Auckland dan Singapura dengan menggunakan armada Boeing 777-200ER untuk mengambil alih lima penerbangan yang saat ini tengah dioperasikan oleh Singapore Airlines dan menambah dua penerbangan mingguan untuk meningkatkan frekuensi penerbangan harian.

Bergantung pada persetujuan pihak berwenang, kedua maskapai mengincar pertumbuhan kapasitas penumpang antara Singapura dan Selandia Baru sebesar 30 persen sepanjang tahun ini.

Layanan penerbangan harian Singapore Airlines dengan rute Singapura-Christchurch akan terus berlangsung sebagai bagian dari bentuk aliansi ini.

Bentuk aliansi yang diusulkan akan memungkinkan para penumpang Air New Zealand untuk mengakses perjalanan dengan rute sesuai dengan kerja sama codeshare pada jaringan Singapore Airlines ke Inggris, Eropa, Asia Tenggara dan Afrika serta pada jaringan maskapai penerbangan anak perusahaan regional Singapore Airlines, SilkAir.

Pelanggan Singapore Airlines akan dapat mengakses penerbangan codeshare di seluruh jaringan domestik Air New Zealand dan untuk tujuan internasional tertentu.

Chief Executive Officer Singapore Airlines, Goh Choon Phong mengatakan, bentuk program aliansi ini merupakan contoh lain dari komitmen perusahaan terhadap pasar penting di kawasan Pasifik Barat Daya serta merupakan wujud komitmen SIA untuk lebih meningkatkan kualitas layanan jaringan.

"Aliansi ini merupakan kemitraan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan memungkinkan Singapore Airlines dan Air New Zealand untuk bekerja sama dalam menyediakan frekuensi penerbangan tambahan dan meningkatkan pilihan penerbangan kepada para pelanggan," kata dia dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (16/1/2014).

Chief Executive Officer, Air New Zealand, Christopher Luxon menambahkan, Air New Zealand merupakan salah satu maskapai yang memiliki pertumbuhan perusahaan positif dengan fokus perusahaan yang jelas dengan destinasi pada kawasan Pasifik.

"Bentuk aliansi dengan Singapore Airlines ini jelas sesuai dengan tujuan bisnis kami untuk bekerja sama dengan mitra yang tepat di pasar yang tepat sehingga memberikan perjalanan kepada pelanggan tanpa batas," ujarnya.

Aliansi ini akan memperlihatkan kembali Air New Zealand dengan kode 'NZ' ke dalam jaringan Singapore Airlines untuk pertama kalinya sejak 2007. Layanan penerbangan Air New Zealand dengan rute ke Singapura yakni dioperasikan sejak 2006.

Kedua pihak masih dalam tahap menunggu persetujuan dari pihak berwenang untuk aliansi ini baik dari Badan Komisi Persaingan Usaha Singapura atau Competition Commission of Singapore/CCS dan Menteri Transportasi Selandia Baru. Masih menunggu persetujuan, layanan penerbangan ini bisa dimulai pada awal Desember 2014.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.2026 seconds (0.1#10.140)