Makro

Jepang salip investasi Singapura di RI

Selasa,  21 Januari 2014  −  21:13 WIB
Jepang salip investasi Singapura di RI
Ilustrasi/Ist

Sindonews.com - Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) mencatat Jepang masih menjadi penanam modal mayoritas di Indonesia. Dari total keseluruhan investor asing, Jepang menguasai 16,5 persen Penanaman Modal Asing (PMA) atau senilai USD4,7 miliar.

"Dilihat asal investasinya pada 2013 investor asing yang terbesar adalah Jepang. Meski kalau dibulatkan memang hampir sama seperti Singapura. Tapi angka rincinya ini berbeda," ujar Kepala BKPM RI, Mahendra Siregar pada konferensi pers di Pers Room Kantor BPKM, Selasa (21/1/2014).

Lebih lanjut Mahendra menyampaikan, hingga saat ini sektor otomotif dan elektronik masih menjadi sektor terbesar yang digandrungi para investor asal negeri matahari terbit tersebut termasuk juga sektor energi.

"Investasi Jepang yang terbesar otomotif dan elektronik dan juga supporting industrinya. Ini satu kesatuan karena saling mendukung. Yang lain ada lagi, bidang energi," kata dia.

Menurut Mahendra, Singapura menjadi negara kedua banyak berinvestasi di Indonesia. Pada 2013 lalu, Singapura memegang porsi sebesar 16,3 persen atau senilai USD4,7 miliar. "Baru berikutnya Amerika, Korea dan Inggris," tegas Mahendra.

Sekadar informasi, berdasarkan realisasi Januari sampai Desember 2013, BPKM mencatat Investasi Amerika Serikat (AS) sebesar 8,5 persen atau USD2,4 miliar, Korea Selatan 7,7 persen atau USD2,2 miliar, Inggris USD1,1 miliar atau 3,8 persen, serta sisanya 47,2 persen dengan nilai USD13,5 miliar yakni negara lainnya.


(gpr)

views: 1.132x
shadow