PU bantah proyek jalan nasional berkualitas rendah

Jum'at, 24 Januari 2014 - 15:50 WIB
PU bantah proyek jalan nasional berkualitas rendah
PU bantah proyek jalan nasional berkualitas rendah
A A A
Sindonews.com – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) membantah kualitas proyek jalan nasional yang dibangun kementeriannya memiliki spesifikasi kualitas rendah.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak menegaskan, sejumlah proyek pembangunan jalan ataupun perbaikan jalan telah dilakukan melalui prosedural kontrak yang jelas. Dia beralasan, kerusakan jalan disebabkan adanya genangan air hujan dan beban berlebihan kendaraan yang melalui jalan itu.

“Semua ada proses kontraknya. Kami tidak menandatangai kontrak per tahun tetapi empat tahun dengan kontraktornya. Bahkan nanti akan diperpanjang dengan lima tahun kontrak. Jadi, jika ada kerusakan jalan, perbaikannya akan ditanggung oleh kontraktor sepanjang masih dalam masa kontrak,” jelas Hermanto saat dihubungi di Jakarta, Jumat (24/1/2014).

Dia juga membantah kualitas jalan yang dibangun pihaknya melalui dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) berkualitas rendah. Menurut Hermanto, sejak beberapa tahun lalu, Kementerian PU telah memberlakukan program tender melalui Kontrak Berbasis Kinerja.

Terkait dengan adanya isu mark up dalam proyek pembangunan jalan nasional di bawah wewenang Kementerian PU, menurut Hermanto hal tersebut kecil kemungkinannya bisa terjadi. Pasalnya, setiap kontrak pembangunan infrastruktur yang dilakukan kementeriannya telah menggunakan konsultan berpengalaman dan independen.

“Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas jalan, memang harus diupayakan secara terus menerus,” tandas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6955 seconds (0.1#10.140)