Investor asing enggan berinvestasi karena banjir

Sabtu, 25 Januari 2014 - 17:35 WIB
Investor asing enggan berinvestasi karena banjir
Investor asing enggan berinvestasi karena banjir
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi menyatakan bahwa banjir yang acapkali terjadi akan mengganggu masuknya investasi asing.

Pasalnya, akibat banjir yang bersifat langganan tanpa diantisipasi oleh pemerintah akan membuat perusahaan asuransi enggan memberikan klaim asuransi dan akan merugian perusahaan yang berinvestasi, terutama membangun pabrik.

"Kalau asuransi saja sudah tidak mau, akan membuat cost kerugian akan membesar dan investor luar negeri akan enggan membangun (pabrik)," terang Sofjan ketika dihubungi Sindonews, Sabtu (25/1/2014).

Dia juga mengakui, macet yang makin parah akibat banjir mengakibatkan terputusnya akses distribusi bahan baku dan barang produksi di Jabodetabek maupun dari pabrik di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Itu yang saya bilang banjir ini lebih luar biasa dari banjir-banjir sebelumnya. Ini nggak bisa terjadi terus menerus," tandas Sofjan.

Banjir yang menjadi langganan tiap tahun ini menyebabkan mengganggu produksi, distribusi dan pembelian. Akibatnya, kerugian akibat banjir yang dialami pengusaha mencapai Rp200 miliar per hari. Angka itu meningkat dibanding tahun sebelumnya Rp100 miliar.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.5156 seconds (0.1#10.140)