Pefindo Sebut Paylater Kian Populer, Simak Tips Perbaiki Skor Kredit

Selasa, 19 Juli 2022 - 17:34 WIB
loading...
Pefindo Sebut Paylater Kian Populer, Simak Tips Perbaiki Skor Kredit
Ilustrasi. FOTO/Istimewa
A A A
JAKARTA - Pefindo malaporkan tren pembayaran paylater di platform e-commerce meningkat pesat dibandingkan kartu kredit. Alasannya pinjaman yang diberikan kepada konsumen lebih mudah dan tidak ribet.

"Sekarang anak muda, milenial mereka pakai paylater. Itulah bagaimana fenomena paylater lebih tinggi penggunaannya dibanding kartu kredit. Transaksinya kecil-kecil tapi volume-nya banyak," ujar Direktur Utama Pefindo Biro Kredit atau IdScore Yohanes Arts Abimanyu saat media visit ke MNC Portal Indonesia, di Jakarta, Selasa (19/7/2022).



Menurut dia keberadaan paylater dapat meningkatkan transaksi kredit. Sebagai wadah penghimpun dan mengolah data kartu kredit, pihaknya mengingatkan agar penggunaan paylater perlu hati-hati.

Pasalnya, jika tidak bisa membayar cicilan berisiko meningkatkan skor kredit yang buruk. Skor kredit sangat penting dan menjadi syarat mutlak untuk mengajukan pinjaman atau kredit ke perbankan. Jika skor kredit buruk, tentu akan sulit mendapatkan pinjaman dari perbankan. "Semakin kita banyak melakukan pinjaman akan semakin meningkat skor kita karena agresif dalam meminjam. Namun itu yang perlu harus diperhatikan risikonya," kata dia.

Bagi masyarakat yang ingin mengecek skor kredit guna keperluan pinjaman dapat dicek melalui IdScore.
IdScore hadir untuk membantu masyarakat dalam mengukur reputasi keuangan seseorang, memastikan akurasi dan keterkinian data, serta membangun perilaku positif peminjam.



Skor kredit menjadi salah satu pertimbangan ketika mengajukan permohonan kredit. Apabila skor kredit baik, semakin besar kemungkinan pengajuan kredit diterima. Namun sebaliknya jika skor kredit buruk masih ada kesempatan diperbaiki. Untuk memperbaiki skor kredit bisa dilakukan dengan cara memperhatikan jatuh tempo, melunasi tunggakan tagihan dan memeriksa credit report.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2233 seconds (0.1#10.140)