Salatiga tingkatkan produksi pangan dan peternakan

Jum'at, 07 Februari 2014 - 16:35 WIB
Salatiga tingkatkan produksi pangan dan peternakan
Salatiga tingkatkan produksi pangan dan peternakan
A A A
Sindonews.com - Dinas Pertanian Kota Salatiga terus melakukan terobosan untuk mewujudkan swasembada pangan dan daging pada 2014. Langkah yang dilakukan antara lain menggelontorkan anggaran untuk meningkatkan hasil tanaman pangan, perkebunan, dan peternakan senilai Rp11 miliar.

Selain itu juga melakukan pendampingan kepada petani melalui program sekolah lapang pertanian tanaman terpadu (SLPTT). Kepala Dinas Pertanian Kota Salatiga, Husnani mengatakan, anggaran Rp11 miliar tersebut berasal dari APBD Pemkot Salatiga 2014 dan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

Anggaran tersebut untuk pengadaan bibit tanaman, hewan ternak, bibit ikan, pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur penunjang.

"Rinciannya, Rp5 miliar untuk pengadaan bibit tanaman pangan, perkebunan, hewan, dan biaya program penunjang lainnya. Sedangkan pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur penunjang dianggarkan senilai Rp6 miliar," paparnya kepada Koran Sindo, Jumat (7/2/2014).

Dia menjelaskan, pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur penunjang antara lain meliputi pembangunan jalan usaha tani, pompanisasi air permukaan tanah, pengadaan mesin teknologi tepat guna, dan perbaikan gedung penyuluhan pertanian.

Menurutnya, pembangunan sarana dan prasarana serta infrastruktur penunjang mendesak dilakukan guna melancarkan mobilisasi petani dan menunjang pelaksanaan program yang terencana.

"Jika akses jalan menuju areal persawahan baik, tentunya akan memudahkan dan mempercepat petani dalam mengolah sawah. Dengan demikian, pola tanam bisa dilakukan dengan baik," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7831 seconds (0.1#10.140)