Adiwastra Nusantara kembangkan potensi tekstil Indonesia

Rabu, 19 Februari 2014 - 15:58 WIB
Adiwastra Nusantara kembangkan potensi tekstil Indonesia
Adiwastra Nusantara kembangkan potensi tekstil Indonesia
A A A
Sindonews.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) turut mendukung penyelenggaraan Pameran Adiwastra Nusantara mulai 19-23 Februari 2014.

"Kegiatan pameran ini merupakan proses keberlanjutan dalam melestarikan dan mengembangkan keunggulan dan kearifan lokal wastra nusantara," kata Dirjen PEN, Nus Nuzulia Ishak dalam rilisnya, Rabu (19/2/2014).

Menurutnya, pelaksanaan Adiwastra Nusantara yang ke-7 tahun ini merupakan bukti keserius semua pihak untuk mengembangkan potensi tekstil tradisional Indonesia agar dapat berperan lebih besar dalam perekonomian nasional.

"Wastra tradisional Indonesia telah terbukti mampu menjadi media diplomasi budaya yang efektif dalam meningkatkan citra bangsa Indonesia di Internasional. Hal ini terbukti dengan keterlibatan Asosiasi Sutera Indonesia dan desainer luar negeri, seperti Giorgio Armani dan Valentino, dalam pelaksanaan Adiwastra Nusantara," ungkapnya.

Pameran menekankan pada aspek kreativitas dan inovasi, teknologi tepat guna, serta kebijaksanaan untuk melestarikan alam dan tradisi. Dia menjelaskan, bahwa selama ini pengembangan wastra tradisional didominasi oleh UKM. Di mana pada periode krisis 1998 dan 2008 telah membuktikan ketangguhan, inovasi dan kreativitasnya mengembangkan usahanya ke arah yang lebih baik.

"Pameran ini merupakan bukti sekaligus sebagai ajakan bagi para pemangku kepentingan untuk memberikan perhatian dan dorongan yang lebih besar bagi kemajuan usaha mereka ke depan. Sehingga UKM semakin berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan dan mengurangi kemiskinan," imbuhnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4396 seconds (0.1#10.140)