Penyebab penyerapan tenaga kerja lambat versi Apindo

Kamis, 20 Februari 2014 - 12:36 WIB
Penyebab penyerapan tenaga kerja lambat versi Apindo
Penyebab penyerapan tenaga kerja lambat versi Apindo
A A A
Sindonews.com - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi mengatakan, Indonesia memiliki tren yang unik dalam hal ketenagakerjaan, di mana banyak tenaga kerja tanpa kemampuan memadai justru percaya diri bekerja di luar negeri.

Dia melihat, carut marutnya struktur pengupahan di Tanah Air menjadi biang keladi penyerapan tenaga kerja di dalam negeri menjadi lambat.

Sofjan menjelaskan, selama ini pemerintah hanya menyikapi permasalahan tersebut secara politis, sehingga seringkali upaya perbaikan struktur pengupahan hanya berakhir sebatas wacana dipermukaan saja tanpa ada realisasi penyediaan peluang lapangan kerja yang memadai kepada masyarakat.

"Kita 2,5 juta orang tiap tahun, 1 juta orang paling sedikit tidak dapat pekerjaan, dia boleh bikin statement bagus tapi kalau ga ada yang kasih kerjaan bagaimana?" kata Sofjan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2014).

Bahkan, Sofjan menambahkan, rencana paket pemberian insentif tax allowance perusahaan yang melaksanakan pelatihan tenaga kerja pun diragukan keberlangsungannya.

"Insentifnya apa? prakteknya apa? Harus konkret dan sebetulnya yang penting dijalankan," pungkas dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3951 seconds (0.1#10.140)