Bangun pabrik, Semen Baturaja siapkan Rp2,9 T

Rabu, 26 Februari 2014 - 16:45 WIB
Bangun pabrik, Semen Baturaja siapkan Rp2,9 T
Bangun pabrik, Semen Baturaja siapkan Rp2,9 T
A A A
Sindonews.com - PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) berencana membangun pabrik baru ketiganya di wilayah Jambi. Perseroan memperkirakan nilai investasi pabrik tersebut sekitar Rp2,9 triliun.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Raharjo mengatakan, persreoan saat ini masih dalam tahap pembebasan lahan. Dia memperkirakan, lahan yang akan dibebaskan mencapai 5.000 hektar (ha).

"Pembangunan pabrik di Jambi masih dalam proses pembebasan lahan dan akan menempati lahan seluas 5.000 ha. Saat ini, lahan yang baru dibebaskan sekitar 500 ha senilai Rp50 miliar. Kalau sesuai IUP (Izin Usaha Pertambang) seluas 5.000 ha," kata Pamudji dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Menurut Pamudji, kapasitas produksi dan investasi pabrik baru di Jambi akan disamakan dengan pembangunan Pabrik Baturaja II yang berlokasi di Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan. Sedangkan, pabrik kedua tersebut masih dalam proses persiapan pembangunan.

"Kapasitas pabrik Jambi sekitar 1,85 juta ton per tahun dan investasinya sekitar Rp2,8 triliun sampai Rp2,9 triliun. Namun, kalau dolar Amerika Serikat (USD) menurun, maka investasi akan menurun juga," ujar Pamudji.

Untuk pendanaan ekspansi tersebut, Pamudji menuturkan, perseroan memiliki banyak cara, seperti penerbitan obligasi, rights issue ataupun pinjaman perbankan. Meski demikian, perseroan masih belum memutuskan langkah apa yang akan diambil.

"Kita akan memiliki berbagai macam sumber pendanaan, tapi belum kita tentukan. Perseroan akan melihat kondisi pasar saja nantinya," ujar dia.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3439 seconds (0.1#10.140)