Rakerkornas Apindo akan dihadiri delapan menteri

Senin, 03 Maret 2014 - 18:36 WIB
Rakerkornas Apindo akan dihadiri delapan menteri
Rakerkornas Apindo akan dihadiri delapan menteri
A A A
Sindonews.com - Makassar menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja dan Konsultasi Nasional (Rakerkornas) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) yang akan digelar di hotel Sahid Jaya Makassar pada 14-15 Maret 2014.

Mengangkat tema "Mewujudkan Indonesia Bersih untuk Peningkatan Produktifitas dan Daya Saing Menuju Masyarakat Ekonomi Asia 2015" program tahunan yang memasuki pelaksanaan ke-25 ini akan dihadiri sekitar delapan Menteri terkait. Seperti Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar.

Menurut Ketua Apindo Sulsel Latunreng, kegiatan ini akan dihadiri perwakilan pengurus Apindo yang tersebar di 33 provinsi. Di mana masing-masing daerah membawa wakilnya minimal dua orang dan maksimal 10 orang. Sementara untuk Makassar selaku tuan rumah telah menyiapkan sekitar 500 pengusaha dari berbagai segmen usaha.

"Program rutin ini digelar untuk menyamakan persepsi para pengusaha di seluruh Indonesia dalam menghadapi sejumlah kebijakan baru di tahun politik ini, selain itu sekaligus mempersiapkan para pengusaha dalam menyongongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 yang membutuhkan banyak persiapan, termasuk SDM tenaga kerja," kata dia, Senin (3/3/2014).

Dia menjelaskan, pada pertemuan ini akan dibahas sejauh mana kesiapan para tenaga kerja Indonesia agar tidak tertinggal dengan negara ASia. Mengingat posisi Indonesia masih jauh tertinggal, baik dari mulai keahlian hingga latar belakang pendidikan.

"Sekitar 52,2 persen tenaga kerja kita memiliki tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan 30 persen tamatan SMP. Sisanya SMA atau Kejuruan hingga Perguruan Tinggi (PT). Kondisi ini membuat SDM sulit untuk bersaing, utamanya dalam memanfaatkan teknologi canggih," terangnya.

Latunreng menuturkan, untuk skala lokal Sulsel yang dibawa terkait keberadaan provinsi ini sebagai penyumbang beras terbesar di Indonesia. Sehingga diharapkan support pemerintah dalam memberikan kemudahan bantuan untuk sektor pertanian.

Pada Rakerkornas akan digelar pula deklarasi bersih-bersih ditandai dengan MoU antara KPK dengan Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi se Indonesia yang juga Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Apindo, LKPP dan Kemitraan.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8249 seconds (0.1#10.140)