Inilah Pernyataan Pertama Ketua DPR AS Nancy Pelosi saat Injakkan Kaki di Taiwan

Rabu, 03 Agustus 2022 - 07:51 WIB
loading...
Inilah Pernyataan Pertama Ketua DPR AS Nancy Pelosi saat Injakkan Kaki di Taiwan
Ketua DPR AS Nancy Pelosi disambut para pejabat Taiwan di bandara Taipei, Taiwan, 2 Agustus 2022. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi mengatakan kunjungannya ke Taiwan “tidak bertentangan” dengan kebijakan lama Washington di pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu.

Dia tetap mendarat di Taipei pada Selasa (2/8/2022), meskipun ada peringatan keras dari China.

"Kunjungan delegasi Kongres kami ke Taiwan menghormati komitmen teguh Amerika untuk mendukung Demokrasi Taiwan yang semarak," ujar Pelosi setelah mendarat di Taipei, Taiwan.

Pejabat AS itu mengatakan diskusinya dengan para pemimpin Taiwan akan fokus pada, "menegaskan kembali dukungan kami untuk mitra kami dan untuk mempromosikan kepentingan bersama kami, termasuk memajukan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka."



Taiwan tidak terdaftar dalam rencana perjalanan resmi Pelosi untuk tur Asia tersebut, yang mencakup pemberhentian di Singapura, Malaysia, Korea Selatan dan Jepang.

Meski demikian, spekulasi telah meningkat dalam beberapa hari terakhir bahwa tokoh peringkat tertinggi ketiga di pemerintah AS akan mengunjungi pulau itu.

Langkah itu mendorong reaksi keras dari Beijing, yang menganggap Taiwan bagian dari wilayahnya di bawah kebijakan “Satu China” yang diakui oleh Amerika Serikat.



China menganggap perjalanan itu sangat provokatif dan mengancam "konsekuensi yang tak tertahankan" bagi Washington jika dilanjutkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1022 seconds (0.1#10.140)