China masih komitmen garap proyek monorel Jakarta

Rabu, 19 Maret 2014 - 19:54 WIB
China masih komitmen garap proyek monorel Jakarta
China masih komitmen garap proyek monorel Jakarta
A A A
Sindonews.com - Para pejabat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI melakukan pertemuan dengan China Communications Construction Company Limited (CCCC), yang sudah menyatakan komitmen untuk membantu pembangunan infrastruktur monorel di Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung di Beijing pada 13 Maret 2014 itu, sangat penting untuk memastikan komitmen CCCC terhadap pengerjaan proyek monorel di Jakarta. "Dan kepastian investasi itulah yang kami terima di Beijing," ujar Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal BKPM, Tamba Hutapea, Rabu (19/3/2014).

Dari pembicaraan yang dilakukan BKPM, dapat dipastikan bahwa CCCC memiliki pendanaan, sumber daya dan keterampilan yang memadai untuk menyelesaikan proyek monorel. Menurutnya, pertemuan dengan CCCC berlangsung sukses dan CCCC tampak puas mendengar penjelasan up-date perkembangan iklim investasi di Indonesia.

Selain itu, kata dia, CCCC sangat antusias melakukan investasi di Indonesia. Pertemuan dengan CCCC merupakan salah satu agenda, dari serangkaian kegiatan Market Sounding proyek-proyek infrastruktur pola KPS, dari delegasi BKPM di Beijing.

Tim BKPM dalam pertemuan dengan CCCC juga terdiri dari Direktur Perencanaan Infrastruktur BKPM Fritz Silalahi, Kasubdit Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan RI Prasetyo Boeditjahjono, dan pejabat fungsi ekonomi Kedutaan Besar RI di Beijing.

Sementara, para pejabat CCCC dipimpin oleh Executive President CCCC Chen Zhong, didampingi Vice President CCCC Du Nan, Deputy General Manager Business Development Asia-Pasific & America CCCC An Haijing, dan Indonesia Office Director CCCC Fan Yifeng.

Chen Zhong mengatakan, perjanjian turnkey antara PT Jakarta Monorail dan CCCC ditandatangani di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Presiden China Xi Jinping pada 3 Oktober 2013.

Menurutnya, kehadiran Presiden Xi Jinping dengan jelas menunjukkan dukungan dan komitmen Pemerintah China untuk proyek tersebut. Bahkan, proyek ini telah ditetapkan sebagai prioritas pertama dalam daftar prioritas CCCC.

Setelah finalisasi amandemen perjanjian kerja sama (PKS), antara pemerintah Provinsi DKI dan PT Jakarta Monorail Konstruksi akan segera dilaksanakan. "Kami sangat ingin untuk memulai proyek ini segera, dan mengharapkan selesainya Rute Jalur Biru dan Hijau untuk dioperasikan pada 2018," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4915 seconds (0.1#10.140)