Sektor Riil

Terminal baru Bandara Sepinggan resmi beroperasi

Sabtu,  22 Maret 2014  −  15:55 WIB
Terminal baru Bandara Sepinggan resmi beroperasi
Ilustrasi

Sindonews.com – PT Angkasa Pura (AP) I secara resmi mengumumkan penggunaan terminal baru Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan pada har ini.

Terminal seluas 110.000 meter persegi (m2) dengan kapasitas 10 juta penumpang per tahun ini dikerjakan selama 32 bulan sejak Agustus 2011 hingga Maret 2014, dengan total investasi sekitar Rp2 triliun.

"Beroperasinya terminal baru Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan merupakan komitmen Angkasa Pura I untuk semakin meningkatkan layanan kepada pengguna jasa bandara," ujar Operation Director AP I Yushan Sayuti dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (22/3/2014).

Dengan demikian, saat ini Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan dipastikan menjadi bandara terbesar di kawasan timur Indonesia. Bandara ini mengusung konsep eco-airport, dengan memanfaatkan secara maksimal penerangan sinar matahari, pengaturan air conditioner untuk mengurangi konsumsi energi serta pemanfaatan air limbah yang dapat digunakan kembali.

Sebelumnya, Bandara Internasional Sepinggan telah mengalami over capacity. Dengan kapasitas hanya 1,7 juta penumpang per tahun, bandara kebanggaan masyarakat Kalimantan Timur ini telah melayani 7,1 juta penumpang di tahun 2013, tumbuh 16 persen dibanding tahun 2012 sebanyak 6,4 juta penumpang.

Terminal Bandara Sepinggan baru ini dilengkapi fasilitas yang lebih memadai dan modern. Terdapat 11 unit garbarata, 74 konter check-in, delapan unit conveyor dan apron seluas 140.900 m2.

Hal utama adalah pengaplikasian Airport Operation Data Base (AODB), di mana operasional bandara disesuaikan dengan jumlah dan kebutuhan layanan penumpang yang ditangani saat itu. Bandara ini juga dilengkapi dengan hold baggage screening (HBS) level 4 dan memiliki gedung parkir empat lantai yang mampu menampung hingga 2.300 unit kendaraan.

Selain itu, Bandara Internasional Sepinggan akan menjadi bandara pertama di Indonesia yang memiliki konsep boutique mall, yaitu perpaduan antara mal dan bandara.

Pengunjung diperbolehkan masuk ke dalam gedung terminal hingga area check-in. Hal ini akan menciptakan pengalaman yang unik di dalam bandara bagi para pengunjung, sekaligus sebagai upaya Angkasa Pura I dalam meningkatkan pendapatan non-aeronautika.


(rna)

views: 1.872x
shadow