12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 17:45 WIB
loading...
12 Cara Tetap Waras saat Bermain Media Sosial
Terlalu menghabiskan waktu bermain media sosial bisa menimbulkan efek negatif pada diri kita. Foto/Jessica Ticozzelli, Pexels
A A A
JAKARTA - Dewasa ini, hampir tidak ada orang yang tak punya media sosial, khususnya para Gen Z. Maklum, media sosial membuat kita semakin mudah terhubung dan membagikan kabar satu sama lain.

Tidak hanya itu, media sosial kini juga jadi salah satu sumber informasi penting, memudahkan pekerjaan dan tugas sekolah, hingga menjadi wadah untuk berdagang.

Namun, terlalu sering bermain media sosial pun ternyata bisa membuat kita stres, insecure, dan anxiety. Nah, sebelum hal itu terjadi, simak 12 cara tetap waras saat bermain media sosial berikut ini.

1. Ingatkan Dirimu Bahwa Dunia Maya Bukanlah Dunia yang Sebenarnya

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Roman Odintsov/Pexels

Sebelum mengunggah sesuatu di media sosial, semua orang tentu akan memilah hal yang ingin ia bagikan. Karena itulah, media sosial terbilang subjektif. Sebab yang disebarkan tak menggambarkan kehidupan seseorang seutuhnya. Kita tak pernah tahu apa yang terjadi di balik unggahan tersebut.

2. Mulai dan Akhiri Harimu Tanpa Media Sosial

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Andrea Piacquadio/Pexels

Daripada bangun tidur langsung mengecek ponsel, lebih baik kamu memulai harimu dengan melakukan meditasi, membuat catatn (journaling), atau meregangkan tubuh. Begitu juga saat kamu mau tidur, sebaiknya matikan ponsel 30 menit sebelum tidur dan gunakan waktumu untuk membaca atau menikmati minuman yang menenangkan.

3. Abaikan Orang-Orang yang Membawa Pengaruh Negatif

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Priscilla Du Preez/Pexels

Sama seperti dalam kehidupan nyata, saat bermain media sosial pun kita akan menemui orang-orang beracun. Nah, saat bertemu orang-orang seperti itu, abaikan saja mereka dan fokuslah pada hal-hal positif. Kalau kamu diserang mereka, kamu bisa memblokir dan ingatkan dirimu bahwa itu bukan salahmu.

4. Matikan Notifikasi saat Kamu Harus Melakukan Sesuatu

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto:Daniel Chekalov/Unsplash

Tak bisa dimungkiri, notifikasi media sosial selalu sukses membuat kita gagal fokus saat sedang melakukan sesuatu. Karena itulah, matikan notifikasi media sosialmu saat beraktivitas. Jangan biarkan notifikasimu dalam aturan getar atau dering saat sibuk.

Baca Juga: 6 Tips agar Personal Branding-mu Tak Dianggap Flexing

5. Lakukan Detoks Media Sosial

12 Cara Tetap 'Waras' saat Bermain Media Sosial

Foto: Te lensFix/Pexels

Kamu punya kendali penuh atas hidupmu dan dirimu sendiri. Jadi, kamu berhak mematikan internet, media sosial, e-mail, bahkan ponsel saat libur. Kamu pun tak perlu merasa bersalah, karena kamu memang butuh istirahat demi kesehatan mentalmu.

6. Batasi Waktumu dalam Bermain Media Sosial
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0815 seconds (0.1#10.140)