Ini skema pembuatan guide wall konstruksi MRT

Jum'at, 04 April 2014 - 18:34 WIB
Ini skema pembuatan guide wall konstruksi MRT
Ini skema pembuatan guide wall konstruksi MRT
A A A
Sindonews.com - Sesuai jadwal yang ditetapkan, bahwa tahapan konstruksi skala besar proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta segera dimulai. Titik pertama dimulainya tahapan ini adalah di Bundaran Hotel Indonesia (HI) yang bakal menjadi stasiun MRT bawah tanah Bundaran HI.

Secara ringkas tahapan penggalian stasiun bawah tanah untuk MRT Jakarta yang pertama adalah pembuatan guide wall.

"Untuk titik Bundaran HI, khusus untuk pembuatan guide wall saja akan berlangsung enam tahap dan membutuhkan waktu selama lebih dari tiga bulan. Setelahnya dilanjutkan dengan pembuatan D-wall," ucap Direktur Utama PT MRT Jakarta, Dono Boestami dalam konferensi pers, Jumat (4/4/2014).

Sementara, Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, M Nasyir menjelaskan bahwa guide wall diperlukan untuk memberikan jalan kepada peralatan konstruksi yang akan digunakan untuk pembangunan D-wall.

"Pembuatan guide wall penting untuk memberikan presisi bagi pengoperasian peralatan konstruksi dalam membangun D-wall nanti," jelas dia.

Pembuatan guide wall ini, diperkirakan akan selesai pada akhir Juli 2014 dan segera diikuti dengan pembangunan D-wall. "Tahapan dalam pembangunan D-wall sendiri akan membutuhkan waktu yang lebih lama dan proses yang lebih banyak," ujarnya.

Berikut penjelasan singkat mengenai tahap pekerjaan pembuatan guide wall:

Tahap I akan dilakukan persiapan pekerjaan pembuatan D-wall di titik Bundaran HI, dan ini akan dilaksanakan pada 4-6 April 2014.

Tahap II pada 7-21 April 2014 akan dilakukan pembuatan soil pond di lajur tengah lokasi pekerjaan. Dalam tahap ini juga akan dilakukan pembongkaran halte Transjakarta dan jembatan penyeberangan Bundaran HI juga Sarinah.

Tahap III pada 22 April-21 Mei 2014 akan dilakukan pembuatan guide wall sisi barat untuk standard dan shaft area. Tahap IV pada 22 Mei-21 Juni 2014 adalah pembuatan guide wall sisi timur untuk standard dan shaft area.

Tahap V adalah pembuatan guide wall sisi timur untuk area entrance dan mechanical electrical room stasiun Bundaran HI tanggal 22 Juni 2014-5 Juli 2014. Tahap VI tanggal 6-19 Juli 2014 adalah pembuatan guide wall sisi barat untuk area entrance dan mechanical electrical room stasiun Bundaran HI.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5475 seconds (0.1#10.140)