Kemenperin siapkan sentra-sentra industri kreatif

Selasa, 15 April 2014 - 15:08 WIB
Kemenperin siapkan sentra-sentra industri kreatif
Kemenperin siapkan sentra-sentra industri kreatif
A A A
Sindonews.com - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengatakan, Kemenperin saat ini sedang menyiapkan sentra-sentra industri kreatif yang menjadi unggulan di setiap daerah. Pembuatan klaster industri kreatif ini untuk memudahkan pembinaan maupun mempermudah pengrajin dalam memasarkan produknya.

Beberapa sentra industri kreatif itu adalah Bali, Bandung, Yogyakarta, Jakarta, dan Sumatera Barat. Salah satu ciri industri kreatif di Yogyakarta adalah kerajinan perak yang produknya telah diekspor.

"Saya dengar tadi produk perak asal Bantul dipasarkan di Bali, sehingga orang taunya itu diproduksi Bali. Menurut saya itu enggak masalah, yang penting perajin untung," kata Menperin di sela acara Pameran Produk Unggulan Kabupaten Bantul di Plasa Pameran Industri Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Karena itu, Menperin meminta kepada para pengrajin dan Pemkab Bantul melakukan branding program sehingga Bantul punya brand tersendiri.

"Kami siap mengawal dan membantu untuk pengadaan permesinan, tapi ini harus di programkan terlebih dahulu karena ini terkait dengan anggaran," kata Menperin.

Bupati Bantul Sri Suryawidati mengatakan, sekitar 18 persen penduduk Bantul bekerja di sektor kerajinan. Bahkan sekitar 80 persen produk kerajinan di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berasal dari Kabupaten Bantul.

"Kami lakukan one vilage one product seperti yang diamanatkan dalam undang-undang," kata Sri Suryawidati.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5734 seconds (0.1#10.140)