Bank Dunia: Pengelolaan risiko bisa mencegah krisis

Kamis, 24 April 2014 - 11:15 WIB
Bank Dunia: Pengelolaan risiko bisa mencegah krisis
Bank Dunia: Pengelolaan risiko bisa mencegah krisis
A A A
Sindonews.com - Bank Dunia menyatakan bahwa pengelolaan risiko secara efektif dapat membangun ketangguhan dalam menghadapi peristiwa menyulitkan, sekaligus memanfaatkan peluang pembangunan, dan mengurangi kemiskinan.

"Kami mendorong adanya perubahan signifikan dalam pengelolaan risiko," ujar President, World Bank Group Jim Yong Kim dalam laporan terbarunya bertajuk "World Development Report 2014", Kamis (24/4/2014).

Menurut laporan tersebut, guncangan kesehatan dan cuaca serta krisis ekonomi, dapat menjerumuskan rumah tangga ke bawah garis kemiskinan tanpa mampu bangkit kembali.

Karena itu, pengelolaan risiko secara bertanggung jawab dan efektif dapat menyelamatkan nyawa, menghindari kemerosotan ekonomi, mencegah kemunduran pembangunan, dan mendorong pemanfaatan peluang.

"Pendekatan baru ini menggugah para individu maupun lembaga untuk tidak lagi berjuang mengatasi krisis, namun menjadi pengelola risiko yang proaktif dan sistematis," ujarnya.

Penerapan pendekatan ini, kata dia, akan mendukung pembentukan ketangguhan, melindungi hasil pembangunan dan mendekatkan pada tujuan World Bank Group untuk mengentaskan kemiskinan ekstrem serta meningkatkan kesejahteraan bersama.

Selain itu, laporan ini juga menyatakan bahwa manfaat dari upaya persiapan menghadapi risiko dapat melebihi biaya yang ditimbulkan. "Contohnya, suplemen mineral guna mengurangi malnutrisi berpotensi menghasilkan manfaat 15 kali lebih tinggi ketimbang biayanya," pungkas Kim.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5242 seconds (0.1#10.140)