SKK Migas apresiasi 10 KKKS eksplorasi

Rabu, 07 Mei 2014 - 16:27 WIB
SKK Migas apresiasi 10 KKKS eksplorasi
SKK Migas apresiasi 10 KKKS eksplorasi
A A A
Sindonews.com - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) memberikan apresiasi kepada 10 Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang telah menunjukkan kinerja eksplorasi yang baik, termasuk memenuhi komitmen eksplorasi yang telah mereka sampaikan dalam kontrak kerja sama.

Penghargaan ini diberikan di Kantor SKK Migas, Jakarta, Rabu (7/5/2014). Dengan banyaknya kendala yang dihadapi, pemenuhan program kerja komitmen pasti hingga penemuan hidrokarbon (discovery) serta tahap pengembangan lapangan menjadi sesuatu hal yang sangat mahal.

Butuh upaya kerja keras, komitmen tinggi dan teknologi dari KKKS untuk mencapainya, tentunya dengan dukungan penuh SKK Migas dan stakeholder terkait. Untuk itu, SKK Migas merasa perlu untuk memberikan apresiasi kepada para KKKS yang telah berhasil menunjukkan kinerja eksplorasi dan compliance terhadap komitmen KKS, termasuk keberhasilan dalam penemuan hidrokarbon.

Penilaian terhadap KKKS eksplorasi yang dilakukan oleh SKK Migas membuat peringkat ke dalam enam kategori warna, yaitu hitam, merah, merah muda, biru, hijau dan emas. Kategori hitam diberikan untuk KKKS yang kegiatan eksplorasinya hanya studi G&G dan belum melakukan kegiatan apapun di luar itu.

Kategori merah diberikan kepada KKKS, yang baru melaksanakan sebagian kecil komitmen pasti, kategori merah muda diberikan kepada KKKS yang melaksanakan sebagian besar komitmen pasti, kategori biru diberikan kepada KKKS yang telah melaksanakan seluruh komitmen pasti.

Sementara kategori hijau diberikan kepada KKKS yang telah melaksanakan seluruh komitmen pasti dan secara teknis menemukan hidrokarbon (technical discovery) dan kategori emas diberikan kepada KKKS yang telah melaksanakan seluruh komitmen pasti dan menemukan hidrokarbon yang ekonomis (economics discovery).

Untuk 10 KKKS yang menerima penghargaan tahun ini, tiga KKKS masuk ke dalam kategori hijau dan tujuh KKKS masuk ke dalam kategori biru.

“Melihat kondisi eksplorasi migas saat ini yang penuh tantangan, diantaranya kendala perizinan, tumpang tindih lahan, peraturan perundang-undangan yang menempatkan investasi eksplorasi tidak mendapat perlakuan khusus, kita harus bersyukur dan berbangga bahwa ada 10 KKKS yang berhasil meningkatkan kinerjanya, sehingga memperoleh reward dalam kategori kinerja biru dan hijau” ujar Plt. Kepala SKK Migas J. Widjonarko di Jakarta, Rabu (7/5/2014).

Kegiatan eksplorasi memiliki risiko tinggi dan membutuhkan investasi yang tinggi pula. Hingga kuartal IV/2013, dari 186 Wilayah Kerja (WK) eksplorasi migas konvensional telah mengeluarkan investasi total sebesar USD7 miliar.

Pada tahun 2013, terdapat temuan hidrokarbon pada 10 WK eksplorasi dengan perkiraan potensi cadangan mencapai 1,25 BBOE. Sementara pada tahun ini, sampai dengan awal Mei sudah terdapat penemuan-penemuan baru dari tiga WK eksplorasi dengan perkiraan jumlah cadangan sebesar 0,183 BBOE, sehingga total perkiraan potensi cadangan dari WK eksplorasi sebesar 1,44 BBOE dari total 13 KKKS WK eksplorasi.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6495 seconds (0.1#10.140)