Yordania Jadi Pintu Masuk Ekpor RI ke Timur Tengah

Rabu, 28 Mei 2014 - 21:16 WIB
Yordania Jadi Pintu Masuk Ekpor RI ke Timur Tengah
Yordania Jadi Pintu Masuk Ekpor RI ke Timur Tengah
A A A
Selain misi perluasan perdagangan ekspor di Aljazair, Indonesia juga meluaskan pasar ekspornya di negara Yordania yang akan berlangsung pada 1-3 Juni 2014, yang antara lain akan dilakukan pertemuan dengan Aqaba Special Economic Zone Authority (Aqaba SEZA) dan pertemuan dengan beberapa importir produk Indonesia di Yordania.

Aqaba SEZA adalah salah satu kawasan ekonomi khusus di Yordania dan sekaligus sebagai pintu keluar produk ekspor dan re-ekspor Yordania melalui mekanisme Free Trade Agreement/FTA Yordania dengan hampir seluruh wilayah di dunia.

Di Aqaba SEZA akan dijajaki sebagai lokasi pembukaan distribustion center untuk produk Indonesia. Pemilihan lokasi ini mengingat Aqaba SEZA adalah satu-satunya pelabuhan laut di Yordania yang telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus dengan lokasi yang strategis.

“Dengan menjadikan Aqaba SEZA sebagai distribution center, diharapakan dapat meningkatkan ekspor Indonesia bukan saja ke Yordania, saja tapi juga ke kawasan Timur Tengah bagian utara, seperti Mesir, Irak, Suriah, Libanon, dan Palestina,” ungkap Nus Nuzulia Ishak, Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional di Jakarta ,Rabu (28/5/2014).

Lebih lanjut Nus menjelaskan, bahwa dalam misi dagang ini Dirjen PEN diagendakan melakukan pertemuan untuk berdiskusi dan tukar pikiran dengan Counterpart Trade Promotion Office dengan ALGEX di Aljazair dan JEDCO di Yordania.

"Pertemuan ini dilakukan untuk saling berkomitmen mendorong peningkatan hubungan perdagangan yang lebih intensif antara pelaku bisnis Indonesia dengan pelaku bisnis di kedua negara ini," tutup Nus.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6855 seconds (0.1#10.140)