PU Fokus Selesaikan Infrastruktur Pantura

Rabu, 11 Juni 2014 - 16:55 WIB
PU Fokus Selesaikan Infrastruktur Pantura
PU Fokus Selesaikan Infrastruktur Pantura
A A A
JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) memprediksi pada musim Lebaran 2014 adanya peningkatan jumlah pemudik yang cukup besar bila dibandingkan pada musim Lebaran tahun lalu. Salah satunya pemudik yang menggunakan mobil pribadi.

Wakil Menteri PU, Hermanto Dardak mengatakan, selama menyambut musim mudik Lebaran difokuskan kepada beberapa ruas jalan yang memiliki peranan penting, yang totalnya sekitar 13.000 kilometer (km).

"Kami memfokuskan jalur-jalur sejauh ini peningkatannya signifikan, pertama Pantura Jawa 4.000 km, Sumatera 6.500 km dan Sulsel dan Kalses 2.000 kurang lebih 13.000 total yang kita fokuskan," kata Hermanto usai Rakor Angkutan Lebaran di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Rabu (11/6/2014).

Selain itu, Kementerian PU juga akan menyelesaikan penanganan di sepanjang jalan Pantura. Di mana, H-30 Lebaran penanangan di Pantura akan dihentikan terutama pada penanganan di badan jalan.

"Kami ingin menyampaikan targetnya pada saat Lebaran, H-10 kita harapkan sasaran dari target tadi, sebelum H-30 sudah diselesaikan dan sudah bisa digunakan. Kalau aspal lebih cepat, ini sasaran tadi, H-30 relatif sudah rata dan fungsional," jelas dia.

Karena itu, lanjut Hermanto, kalau target tersebut rampung diselesaikan, bukan tidak mungkin akan memberikan manfaat bagi rakyat Indonesia, terutama untuk mereka yang ingin mudik Lebaran.

"Kemajuan saat ini 80% dari target fungsional rata tadi, dalam sisa 20% ini ada manajemen konstruksi di Pantura, kita bisa meminimalisir macet," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8606 seconds (0.1#10.140)