Produsen Mamin Pastikan Distribusi Aman Saat Lebaran

Kamis, 12 Juni 2014 - 14:22 WIB
Produsen Mamin Pastikan Distribusi Aman Saat Lebaran
Produsen Mamin Pastikan Distribusi Aman Saat Lebaran
A A A
JAKARTA - Produsen makanan dan minuman (mamin) sudah mulai mendistribusikan produk-produknya, terutama produk yang bisa bertahan lama. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi pelarangan truk ukuran besar melintasi jalan-jalan nasional jelang Lebaran.

Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (Gapmmi) Adhi S Lukman mengatakan, hal ini sudah dilakukan rutin oleh produsen setiap menghadapi Ramadan dan Lebaran.

"(Distribusi) Sudah mulai dari bulan ini. Distribusi kita tingkatkan dan sudah sampai ke daerah. Itu ke seluruh wilayah Indonesia. Biasanya berlaku H-7 hingga H+7 Lebaran untuk truk berat," ujarnya di Kantor Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Dia menjelaskan, untuk mamin yang tidak memiliki daya tahan yang lama biasanya produsen tetap mendistribusikan dengan menggunakan truk ukuran kecil.

"Itu kan untuk truk-truk besar, truk kecil masih tetap diperbolehkan. Jadi kita distribusikan dengan menggunakan truk-truk kecil, sehingga saat pelarangan truk berat, truk kecil masih bisa tetap jalan," imbuhnya.

Lukman memastikan bahwa pelarangan tersebut tidak akan mengganggu distribusi produk makanan dan minuman hingga perayaan Idul Fitri.

"Itu tidak menganggu, kita pastikan aman. Pokoknya, dijamin untuk produk pangan olahan aman," ujar dia.

Seperti diketahui, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah mengeluarkan Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No SK.2529/AJ.201/DRJD/2014 tentang Pengaturan Lalu Lintas, Pengoperasian Mobil Barang dan Pengoperasiaon Jembatan Timbang pada Massa Angkutan Lebaran 2014.

Peraturan ini melarang kendaraan angkutan barang untuk beroperasi pada jalan nasional di delapan provinsi seperti Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur dan Bali. Larangan ini mulai berlaku pada 24 Juli 2014 (H-4) pukul 00.00 WIB sampai 28 Juli 2014 (H+1) pukul 00.00 WIB.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8193 seconds (0.1#10.140)