Ekonomi Negara Maju Topang Perekonomian Global

Kamis, 12 Juni 2014 - 16:42 WIB
Ekonomi Negara Maju Topang Perekonomian Global
Ekonomi Negara Maju Topang Perekonomian Global
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara mengatakan, perekonomian global saat ini menunjukkan peningkatan cukup baik, meski dengan kecepatan yang moderat.

Hal tersebut didukung dan didorong pulihnya ekonomi di negara maju. Ini sejalan dengan stimulus moneter berkelanjutan.

"Hal itu sudah tercermin pada indikator penjualan dan kinerja manufaktur di Eropa dan Amerika Serikat (AS) yang terus membaik," ujarnya di Kantor BI, Jakarta, Kamis (12/6/2014).

Menurutnya, perbaikan ekonomi AS dan Eropa tersebut diperkirakan akan mendorong peningkatan volume perdagangan dunia.

"Sejalan dengan hal tersebut, harga komoditas mulai menunjukkan perbaikan saat ini," ujar Tirta.

Ke depan, lanjut dia, terdapat sejumlah risiko perekonomian global yang perlu untuk terus diwaspadai. Risiko perekonomian global perlu terus diwaspadai dan diawasi antara lain perlambatan ekonomi China dan normalisasi kebijakan The Fed.

Sementara, kemarin Gubernur BI Agus Martowardojo menyatakan bahwa, perekonomian Indonesia sedang ada koreksi dan pembenahan pertumbuhan ekonomi. Ini adalah bagiann dari Indonesia yang akan mencapai pertumbuhan yang lebih positif dan berkesinambungan.

"Saya berharap sepanjang 2014 pertumbuhannya antara 5,1-5,5%," ujar Agus kemarin.

Dia juga menyampaikan koreksi di beberapa sektor yang harus dibenahi di dalam negeri untuk masalah perlambatan ekonomi agar perekonomian membaik.

"Saya mesti sampaikan, perlambatan itu ada di sektor pertambangan, khususnya di kawasan timur Indonesia dan juga manufaktur. Kita harapkan akan ada perbaikan. Untuk sektor batu bara dan kelapa sawit, saya kira mungkin akan cukup tertekan tahun ini," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9220 seconds (0.1#10.140)