CT Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman

Selasa, 24 Juni 2014 - 15:21 WIB
CT Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman
CT Pastikan Pasokan Bahan Pokok Aman
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Chairul Tanjung hari ini kembali mengadakan rapat koordinasi (rakor) bersama menteri bidang ekonomi terkait untuk membahas stabilisasi harga jelang Ramadan dan Lebaran.

Dia mengatakan, dari hasil laporan beberapa kementerian terkait, masalah suplai, stok, kebutuhan, dan harga barang kebutuhan pokok dalam keadaan relatif stabil.

"Dari beberapa komoditas yang dilaporkan ada yang naik, tapi ada juga yang turun," ujar dia dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Dia menyebutkan, barang kebutuhan pokok yang saat ini masih melonjak harganya adalah daging ayam, telur ayam, bawang merah, dan bawang putih. Untuk daging ayam dan telur ayam, kenaikan ini masih by design dari Kemendag dan Kementerian Pertanian (Kementan) untuk mencegah lonjakan harga yang terlampau drastis.

"Bawang merah ada kenaikan namun harganya masih di bawah harga referensi yang ada. Tidak perlu dikhawatirkan," imbuh dia.

Sementara, terkait masalah pasokan bawang merah, tidak perlu dikhawatirkan. Karena di Brebes, bawang merah telah memasuki panen raya. Sementara bawang putih, 95% berasal dari impor dan tinggal didistribusikan, sedangkan petani lokal hanya menghasilkan 5%.

Mantan Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) ini meminta agar Badan Urusan Logistik (Bulog) tetap menjaga agar pasokan beras di pasar tetap aman. Hal ini agar tidak terjadi kekurangan suplai dalam menghadapi Lebaran.

"Sedangkan untuk daging sapi tahun ini diperkirakan akan terjadi penurunan harga karena suplai yang cukup," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6644 seconds (0.1#10.140)