Bank DBS Luncurkan Aplikasi Smart Money

Rabu, 25 Juni 2014 - 20:28 WIB
Bank DBS Luncurkan Aplikasi Smart Money
Bank DBS Luncurkan Aplikasi Smart Money
A A A
JAKARTA - PT Bank DBS Indonesia dukung literasi keuangan masyarakat dengan permainan DBS Smart Money. Aplikasi DBS Smart Money ini mendapat sertifikasi dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai bank pertama pembuat aplikasi mobile game bertema edukasi finansial.

Direktur Consumer Banking DBS Indonesia Steffano Ridwan mengatakan lewat permainan ini masyarakat bisa mengetahui dan memahami produk keuangan. Tidak hanya terbatas pada tabungan dan deposito, tapi ada produk di luar perbankan yaitu instrumen investasi seperti obligasi, saham, emas serta sejumlah instrumen lainnya. .

“Ini semacam simulasi untuk memahami kita juga punya pengeluaran sehari-hari. Disini juga menunjukkan bahwa dalam hidup tidak hanya melulu mencari uang, tapi perlu hiburan juga,” ujar Steffano dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Perseroan akan menjadikan permainan ini sebagai materi pembelajaran terhadap sejumlah pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang terpilih. DBS Indonesia juga akan melakukan kerjasama dengan beberapa universitas di Indonesia, sehingga mahasiwa bisa belajar dan lebih memahami mengenai financial education.

Dia menyebutkan aplikasi ini hanya bisa diakses melalui telepon pintar atau smartphone. Hal ini didukung perkembangan penjualan smartphone di Indonesia yang signifikan.

“Penjualan smartphone tahun lalu mencapai 15 juta. Di Indonesia total penjualan smartphone 50 juta, ini menjadikan Indonesia masuk lima besar pengguna smartphone,” ujarnya.

Dia menambahkan applikasi DBS Smart Money bisa diunduh melalui Google Play Store. Secara tampilan didesain bisa dimainkan oleh semua segmen usia, dengan pilihan Bahasa Indonesia atau Inggris.

“DBS Group tidak akan berhenti untuk berinovasi, memberikan nilai tambah bagi nasabah melalui kelengkapan produk perbankan dan layanan terbaik,” ujarnya.

Sementara itu Presiden Direktur DBS Indonesia Melvin Teo mengatakan aplikasi ini adalah bentuk komitmen perseroan untuk berpartisipasi dan mendukung usaha peningkatan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

"Ini sekaligus juga bagian dari program Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk peningkatan literasi keuangan masyarakat," ujar Melvin dalam kesempatan yang sama.

Menurutnya aplikasi smartphone ini akan membawa dampak jangka panjang yang posiif dalam perekonomian Indonesia. "Aplikasi smartphone DBS Smart Money adalah inovasi khusus yang dirancang untuk memenuhi minat dan kebutuhan masyarakat. Ini merupakan aplikasi game smartphone pertama DBS dan Indonesia adalah negara pertama dan akan dikembangkan ke negara lain," jelasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3950 seconds (0.1#10.140)