Pelemahan Rupiah Pengaruhi Impor RI

Jum'at, 27 Juni 2014 - 16:20 WIB
Pelemahan Rupiah Pengaruhi Impor RI
Pelemahan Rupiah Pengaruhi Impor RI
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menilai, pelemahan rupiah yang anjlok beberapa waktu terakhir ini, akan berdampak pada impor Indonesia yang tinggi.

Sebab, nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD) pada siang hari ini kembali melemah, mendekati level Rp12.103 per USD.

"Efeknya terhadap impor memang akan tinggi, terutama untuk barang-barang komponen impor dari Indonesia lebih dari 60% sampai 70% adalah barang bahan penolong dan bahan baku untuk industri-industri lanjutan," ujar Lutfi di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (27/6/2014).

Menurutnya, meski rupiah melemah serta akan berdampak pada impor yang tinggi. Namun produksi dalam negeri akan bisa kompetitif di luar negeri.

"Sebab itu, ketika terjadi pelemahan rupiah ini memang dalam waktu singkat, barang Indonesia bisa kompetitif di luar negeri," jelasnya.

Dia berharap kestabilan impor tetap terjaga meskipun pelemahan rupiah masih terus terjadi beberapa pekan ini.

"Tetapi tentunya karena kita mengimpor banyak menyebabkan permasalahan tambahan, sebab itu nanti ongkosnya naik, biarpun exchange rate-nya bisa terjaga kestabilannya," pungkas dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3631 seconds (0.1#10.140)