Mendag dan Aher Sidak Pasar di Bandung

Kamis, 10 Juli 2014 - 14:52 WIB
Mendag dan Aher Sidak Pasar di Bandung
Mendag dan Aher Sidak Pasar di Bandung
A A A
BANDUNG - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi hari ini melakukan inspeksi mendadak (sidak) bersama Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) ke Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Keduanya sempat berkeliling ke sejumlah kios pedagang. Mereka juga sempat berbincang dengan beberapa pedagang. Dari hasil pantauan, sejumlah harga kebutuhan pokok dan sayuran relatif stabil, bahkan cenderung menurun.

"Seperti yang di lihat adalah bawang merah yang tadinya Rp28 ribu, sekarang sudah menjadi Rp25-26 ribu per kg. Begitu juga dengan cabai merah, cabai keriting, dan cabai rawit mengalami penurunan," kata Lutfi, Kamis (10/7/2014).

Komoditi lain yang mengalami penurunan harga yaitu daging ayam. Dari sebelumnya Rp35 ribu per kg. Tapi hasil pantauan hari ini menunjukkan bahwa daging ayam Rp32 ribu per kg.

Meski sejumlah harga sudah turun, ada juga beberapa komoditi yang masih tinggi harganya. Bahkan ada yang naik harganya, seperti telur ayam. "Harga telur yang sebelum Ramadan Rp19 ribu menjadi Rp20 ribu," ungkapnya.

Daging sapi juga mengalami kenaikan. Jika sebelum Ramadan harganya Rp97 ribu per kg, hari ini terpantau Rp95 ribu sampai Rp100 ribu per kg.Meski begitu, dia yakin stok daging sapi baik di tingkat lokal, regional, maupun nasional tidak akan bermasalah.

Pasalnya, stok yang ada saat ini dinilai mencukupi.
"Saya berkeyakinan karena stoknya melimpah, tidak ada masalah," jelas Lutfi.

Secara umum, persiapan untuk Ramadan dan Lebaran tahun ini dinilai cukup baik. Berbagai kebutuhan pokok masyarakat pun dipandang memadai.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6592 seconds (0.1#10.140)