Mentan Amati Keluhan Petani Cabai

Jum'at, 11 Juli 2014 - 12:02 WIB
Mentan Amati Keluhan Petani Cabai
Mentan Amati Keluhan Petani Cabai
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengaku saat ini tengah mengamati keluhan petani mengenai jatuhnya harga cabai. Petani diimbau agar produksi diserap pasar.

"Cabai sekarang ini jatuh harganya, kita juga menyadari bahwa persoalan cabai seasonal. Artinya memang di saat-saat tertentu mungkin menegang," ujar dia usai membuka acara Pengukuhan Brigade Pengendalian Kebakaran Lahan dan Kebun Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (11/7/2014).

Suswono menjelaskan, sebetulnya di beberapa tempat, ada yang sudah cukup bagus kerja samanya dengan petani cabai, yaitu industri makanan, seperti Indofood ABC. Ada kerja sama tersendiri antara keduanya pada jual beli cabai dalam jumlah besar.

"Mereka bekerja sama dengan para petani. Cuma di lapangan, sering kadang-kadang tidak disiplin. Kalau yang namanya sudah terikat kontrak, itu namanya harga kan sudah pasti segitu. Terkadang ada keluhan dari pelaku usaha ketika harga sedang bagus, mereka jual keluar, tidak menyetor kepada pabrik industri makanan tersebut," terang dia.

Sebaliknya, lanjut Suswono, saat petani mengluh dan harga cabai sedang jatuh, pabrik tidak membeli ke petani, melainkan membeli di pasar, karena harga di pasar tersebut jauh lebih murah.

"Keluhan-keluhan seperti ini yang sedang kami pelajari. Kami sedang mencoba menelaah, siapa yang kira-kira benar," pungkas Suswono.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4784 seconds (0.1#10.140)