Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai H-3

Senin, 21 Juli 2014 - 20:27 WIB
Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai H-3
Jasa Marga Prediksi Puncak Arus Mudik Mulai H-3
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk (JSMR) Adityawarman mengatakan, puncak arus mudik Lebaran untuk tahun ini diperkirakan pada Jumat, Sabtu, dan Minggu sebelum Lebaran. Sehingga dapat dipastikan akan terjadi penumpukan kendaraan di beberapa ruas jalan.

"Bisa disimpulkan bahwa, puncak arus mudik pada Jumat atau Sabtu. Para pekerja kantoran tersebut, tidak akan bolos karena kemungkinan akan berangkat mudik sekitar Jumat atau Sabtu. Kalau Tahun lalu, ada dua puncak arus mudik karena di tengah-tengah pekan," ujarnya di Kantor Jasa Marga, Senin (21/7/2014).

Kecuali untuk pemudik jarak pendek seperti di kawasan Jawa Barat, akan berbeda puncaknya. "Kecuali jarak pendek, Minggu itu baru puncaknya, arus pendek seperti Bandung," ujarnya.

Adit menjelaskan untuk H-3 tahun lalu, puncaknya ada sekitar 41 ribu kendaaraan dalam satu hari. "Agak repot gardu terbatas, sehingga kita antisipasi. Jumat sudah mulai tahapan pertama, Sabtu dari makan sahur itu tidak berhenti 24 jam sampai besoknya," jelas dia.

Untuk puncak kepadatan tol, di tol Cikampek juga akan terjadi pada Jumat. Terlebih, pihak Jasa Marga mengemukakan bahwa untuk pemudik sendiri pada tahun ini akan naik sekitar 5%.

"Kita asumsi kenaikannya 5% dari 2013 karena lalu lintas darat kereta api sudah baik dengan adanya double track dan penambahan gerbong," katanya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5450 seconds (0.1#10.140)