Puncak Kunjungan Wisatawan di Semarang Sabtu-Minggu

Sabtu, 02 Agustus 2014 - 11:53 WIB
Puncak Kunjungan Wisatawan di Semarang Sabtu-Minggu
Puncak Kunjungan Wisatawan di Semarang Sabtu-Minggu
A A A
SEMARANG - Memasuki hari-hari terakhir libur Lebaran, obyek wisata di Kota Semarang, Jawa Tengah terus diserbu pengunjung. Diprediksi puncak kunjungan wisatawan terjadi pada Sabtu (2/8) dan Minggu (3/8).

Berdasarkan pantauan di sejumlah obyek wisata di Kota Semarang, seperti di objek wisata Taman Lele, Lawang Sewu, Pantai Maron, Pantai Marina dan MAJT (Masjid Agung Jawa Tengah), serta taman marga satwa Semarang, seluruhnya ramai dipadati pengunjung. Rata-rata pengunjung datang secara rombongan, bersama sanak keluarga dan tetangga.

Seperti yang terlihat di Pantai Maron Semarang misalnya. Sejak pagi, ribuan pengunjung sudah memadati pantai yang berada di ujung Bandara Ahmad Yani Semarang tersebut. Bahkan menjelang siang, pengunjung terus bertambah.

Untuk masuk ke kawasan pantai Maron para pengunjung hanya dikenakan biaya parkir, sebesar Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil. Kondisi pantai yang banyak ditemui sampah dimana-mana tidak menyurutkan minat pengunjung untuk mandi di laut.

Membludaknya pengunjung di pantai yang berada di tanah milik TNI AD ini dimanfaatkan oleh para penjual dan pelaku usaha jasa persewaan ban dan tikar, untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Hal yang sama terlihat di taman marga satwa Kota Semarang atau yang dikenal dengan sebutan Bonbin Mangkang. Taman marga satwa yang berada di batas Kota antara Kota Semarang dan Kendal ini sejak H+2 lebaran dikunjung lebih dari 17.000 pengunjung setiap harinya.

Para pengunjung taman marga satwa bisa, selain bisa melihat 315 ekor satwa, mulai dari Gajah, harimau, hingga burung, pengunjung juga bisa menikmati, wahana permainan yang ada. Pada libur lebaran ini pihak UPTD Taman marga satwa juga mendatangkan hiburan Dangdut.

“Setiap hari tidak kurang 17 ribu pengunjung yang datang. Bahkan pada H+2 mampu tembus di angka 17.500 pengunjung,” kata Kepala UPTD Taman Marga Satwa Semarang, Kusyanto.

Dia mengaku, jumlah pengunjung ini meningkat sekitar 10-20 persen dibandingkan liburan Lebaran tahun lalu. Pada 2013, puncak kunjungan hanya 15.000 pengunjung.

“Hari ini (kemarin) sampai Minggu (3/8) kami perkirakan akan masih tinggi, dan setelah liburan akan kembali turun. Tetapi nanti pada saat ada event Syawalan di Kaliwungu (Kendal) pengunjung akan kembali membludak meski tidak sebanyak sekarang ini,” katanya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6747 seconds (0.1#10.140)