Bank Sentral Eropa Pertahankan Suku Bunga 0,15%

Kamis, 07 Agustus 2014 - 19:34 WIB
Bank Sentral Eropa Pertahankan Suku Bunga 0,15%
Bank Sentral Eropa Pertahankan Suku Bunga 0,15%
A A A
FRANKFURT - Bank Sentral Eropa (ECB) mempertahankan suku bunga utama tidak berubah dalam pertemuan kebijakan rutin, dua bulan setelah pelonggaran moneter di 18 negara Zona Euro.

Dilansir dari Livemint, Kamis (7/8/2014), Dewan pemerintahan pengambil keputusan ECB menetapkan mempertahankan tingkat refi refinancing utama bank di angka 0,15%, kemudian suku bunga pinjaman marjinal 0,40% dan suku bunga deposito minus 0,10%.

Pengamat tidak memperkirakan ECB akan mengeluarkan langkah kebijakan baru bulan ini setelah bank sentral meluncurkan paket kebijakan yang belum pernah terjadi sebelumnya pada Juni, dalam pertempuran mencegah wilayah mata uang tunggal euro itu tergelincir ke dalam deflasi.

Pada pertemuan tersebut, ECB memasuki perairan yang belum dipetakan, mengambil salah satu kunci suku bunga ke wilayah negatif untuk pertama kalinya.

Ini berarti bank akan mengenakan biaya dana parkir di ECB guna mendorong memberikan pinjaman terhadap bisnis dan konsumen sebagai gantinya.

ECB juga mengumumkan rencana untuk memompa lebih banyak likuiditas ke dalam sistem keuangan pada akhir tahun ini, menggunakan Targeted Long-Term Refinancing Operation (TLTRO).

Analis menyarankan agar Kepala ECB Mario Draghi memberikan penjelasan tentang hal ini, serta alasan di balik keputusan terbaru dalam konferensi pers.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3639 seconds (0.1#10.140)