Ini Kata Bappenas Atas Lemahnya Pertumbuhan Ekonomi RI

Kamis, 07 Agustus 2014 - 20:23 WIB
Ini Kata Bappenas Atas Lemahnya Pertumbuhan Ekonomi RI
Ini Kata Bappenas Atas Lemahnya Pertumbuhan Ekonomi RI
A A A
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data pertumbuhan perekonomian Indonesia pada kuartal II/2014 sebesar 5,12%. Kondisi ini lebih rendah dari kuartal I/2014 yang sebesar 5,21%

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida Alisjahbana mengatakan, restrukturisasi perekonomian Indonesia yang memengaruhi kondisi perekonomian dalam negeri pada kuartal II/2014.

"Yang internal terkait proses restrukturisasi dan transformasi perekonomian Indonesia, kinerja ekspor juga terkait dengan dampak larangan Minerba. Itu dalam konteks proses yang memang harus kita jalani," terang dia di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Menurutnya, komponen yang kuat dalam kondisi ekonomi Indonesia pada kuartal II adalah konsumsi masyarakat, komponen investasi serta belanja pemerintah.

"Komponen pemerintah juga ada dampak yang sudah dijelaskan dengan pemotongan anggaran, bagaimanapun ada dampak dari pemotongan anggaran," jelasnya.

Pada kuartal III dan IV, lanjut Armida, Indonesia sudah masuk dalam masa transisi pemerintahan. Hal ini menyebabkan beberapa fokus utama pemerintahan akan datang, dari sisi pertumbuhan ekonomi berimplikasi pada fiskal.

"Subsidi juga ada implikasi fiskal. Jadi memang ada prioritas jangka pendek yang benar-benar butuh perhatian. Karena kalau transisi yang sudah menjadi perhatian jangka pendek, karena jangka pendek yang akan sangat menentukan keberlanjutan," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5318 seconds (0.1#10.140)