Harga Ikan Laut di Sinjai Naik Hingga 200%

Senin, 11 Agustus 2014 - 18:31 WIB
Harga Ikan Laut di Sinjai Naik Hingga 200%
Harga Ikan Laut di Sinjai Naik Hingga 200%
A A A
SINJAI - Sejumlah warga mengeluh dengan melonjaknya harga ikan di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan. Kenaikan tersebut bahkan mencapai 200%.

Ibbe, seorang ibu rumah tangga mengeluh dengan naiknya harga ikan beberapa hari belakangan ini. "Ikan Cakalang yang biasanya dilepas dengan harga Rp20 ribu per ekor sekarang dijual dengan harga Rp50 ribu hingga Rp60 ribu," kata Ibbe, Senin (11/8/2014).

Bahar, Salah seorang penjual ikan di Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Lappa Sinjai Utara mengaku terpaksa harus menaikkan harga ikan yang dijualnya karena harga beli dari nelayan juga sangat mahal.

"Biasanya harga ikan per keranjangnya saya beli dengan harga Rp400 ribu sampai Rp500 ribu, sekarang dibeli dengan Rp800 ribu hingga Rp1,2 Juta," keluh Bahar.

Fajar, salah seorang warga terpaksa harus beralih mengkonsumsi telur dan daging ayam karena mahalnya harga ikan. "Untuk saat ini terpaksa saya beralih mengkonsumsi telur dan daging ayam karena harganya lebih terjangkau," ujar Fajar.

Pengawas Perikanan DKP Sinjai, Amal Ahsan mengatakan, melonjaknya harga ikan terutama ikan laut dipicu oleh kondisi cuaca buruk yang melanda Sinjai beberapa hari terakhir.

"Kondisi cuaca buruk yang bersamaan dengan bulan purnama menjadi penyebab berkurangnya tangkapan nelayan beberapa hari ini," jelas Amal.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8302 seconds (0.1#10.140)