Negara-negara Arab Pendukung Israel

Selasa, 20 September 2022 - 15:35 WIB
loading...
Negara-negara Arab Pendukung Israel
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan dan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh, Mesir, 22 Maret 2022. Foto/REUTERS
A A A
DUBAI - Sejumlah negara Arab diketahui telah mendukung Israel. Bahkan mereka telah menjalani hubungan diplomatik hingga melakukan kerja sama antarkedua negara.

Berikut beberapa negara Arab pendukung Israel.

1. Yordania

Pada 1967, Yordania pernah bergabung dengan perang melawan Israel, yaitu Perang Enam Hari. Hubungan kedua negara ini terjalin usai menandatangani perjanjian damai Israel-Yordania pada 1994.

Setelah perjanjian tersebut ditandatangani, Yordania dan Israel pun menjalin hubungan diplomatik terutama di bidang ekonomi serta keamanan.

Yordania mengirimkan tenaga kerja untuk pariwisata Israel. Sementara Israel menjual gas ke Yordania.

2. Mesir

Mesir dan Israel berdamai dengan menandatangani Perjanjian Damai pada 1979. Sebelumnya, kedua negara ini meneken Perjanjian Camp David yang dimediasi oleh mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Jimmy Carter pada 1978.

Pada Februari 1980, hubungan Mesir dan Israel pun dibangun. Diketahui, Mesir mempunyai kedutaan besar di Tel Aviv serta konsulat di Eilat.

Sementara Israel mempunyai kedutaan besar di Kairo serta konsulat di Alexandria. Pada 2018, Israel mengekspor gas ke alam ke Mesir usai kesepakatan senilai USD15 miliar ditandatangani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0573 seconds (0.1#10.140)