OJK Resmikan Pokja Pembiayaan Berkelanjutan

Selasa, 26 Agustus 2014 - 09:54 WIB
OJK Resmikan Pokja Pembiayaan Berkelanjutan
OJK Resmikan Pokja Pembiayaan Berkelanjutan
A A A
JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad meresmikan Kelompok Kerja Peningkatan Peran Lembaga Jasa Keuangan Dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Melalui Pengembangan Jasa Keuangan Berkelanjutan (Pokja Pembiayaan Berkelanjutan) periode 2014-2019.

"Peresmian Pokja ini merupakan amanat dari nota kesepahaman yang telah ditandatangani Ketua Dewan Komisioner OJK dengan Menteri Lingkungan Hidup (LH) pada tanggal 26 Mei 2014," ujar Muliaman di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Pokja ini dibentuk, kata Muliamin, untuk meningkatkan peran lembaga jasa keuangan dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui pengembangan jasa keuangan berkelanjutan.

Nota kesepahaman mengamanatkan pembentukan Pokja Pembiayaan Berkelanjutan paling lambat 3 bulan setelah nota kesepahaman ditandatangani OJK dan Kementerian LH.

Selama periode 2014-2015, program kerja yang akan dilaksanakan oleh Pokja Pembiayaan Berkelanjutan, yakni penyusunan roadmap sustainable finance bagi lembaga jasa keuangan (LJK), peningkatan awareness melalui penyelenggaraan seminar nasional mengenai sustainable finance dan peresmian roadmap sustainable finance.

ketiga, pelaksanaan capacity building melalui pelatihan analisis pembiayaan sektor strategis yang ramah lingkungan untuk LJK dan pengawas OJK sebanyak enam gelombang serta penelitian bersama dalam rangka menyusun model pembiayaan berkelanjutan untuk LJK dan penyediaan informasi terutama terkait dengan izin lingkungan yang mudah diakses oleh LJK dan pengawas OJK.

Kelima atau terakhir adalah mendorong penyelesaian rancangan peraturan pemerintah tentang instrumen ekonomi lingkungan hidup.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1904 seconds (0.1#10.140)