Ketahanan Energi Indonesia dalam Status Rentan

Selasa, 26 Agustus 2014 - 16:43 WIB
Ketahanan Energi Indonesia dalam Status Rentan
Ketahanan Energi Indonesia dalam Status Rentan
A A A
JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Dewan Energi Nasional (DEN) Hadi Purnomo mengatakan, untuk saat ini ketahanan energi Indonesia berada dalam status rentan. Pasalnya, akses masyarakat memperoleh energi masih sulit, disparitas harga antar daerah masih sangat tinggi, dan masih bergantungnya Indonesia pada kondisi geopolitik negara lain.

"Kita bisa dibilang kuat jika masih punya cadangan dan mampu bertahan meskipun kondisi di luar bergejolak," kata Hadi di Jakarta, Selasa (26/8/2014).

Dia melanjutkan, untuk distribusi energi Indonesia, juga berpengaruh pada ketahanan energi. Indonesia sebagai negara kepulauan, kata dia, juga menjadi kendala tersendiri. "Kan butuh moda transportasi, belum lagi kendala cuaca, ini juga harus diperbaiki," kata dia.

Menurut Hadi, ketersediaan energi bisa saja berasal dari luar negeri jika produksi dalam negeri masih dinilai kurang. Indonesia masih sangat bergantung pada impor minyak. Sementara itu, produksi minyak dalam negeri menurun dan tidak adanya pengembangan energi baru yang terbarukan.

Untuk mendukung ketersediaan ini, kata dia, harus ada kesiapan pendanaan dari lembaga keuangan untuk energi terbarukan dan kesiapan Sumber Daya Manusia. "Semoga pemerintah baru dapat me-review kontrak-kontrak baru dan kebijakan energi," kata dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9254 seconds (0.1#10.140)