Pertumbuhan Pabrik di Zona Euro Agustus Melambat

Senin, 01 September 2014 - 16:48 WIB
Pertumbuhan Pabrik di Zona Euro Agustus Melambat
Pertumbuhan Pabrik di Zona Euro Agustus Melambat
A A A
LONDON - Pertumbuhan manufaktur di Zona Euro melambat lebih dari perkiraan pada awal bulan lalu, karena pesanan baru menyusut dan pabrik menderita di tengah meningkatnya ketegangan di Ukraina.

Berita ini mengecewakan Bank Sentral Eropa (ECB) menjelang pertemuan pengaturan kebijakan moneter, Kamis (4/9/2014) nanti.

Indeks Pembelian Manajer (Purchasing Manajer Index/PMI) manufaktur Markit, datang di angka 50,7 poin, terendah dalam lebih dari satu tahun, serta di bawah angka pada Juli sebesar 51,8 poin dan perkiraan awal 50,8 poin. Namun, indeks pada Agustus menandai bulan ke-14 angka berada di atas 50 poin, garis yang memisahkan pertumbuhan dan kontraksi.

"Meski demikian, beberapa pertumbuhan lebih baik daripada tidak ada pertumbuhan sama sekali. Efek pengereman kenaikan akibat ketidakpastian ekonomi dan geopolitik pada produsen menjadi lebih terlihat," kata Rob Dobson, ekonom senior Markit, seperti dilansir dari Reuters, Senin (1/9/2014).

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina telah meningkat dan mengancam merusak pemulihan yang sudah rapuh di kawasan itu.

PMI Pabrik untuk Jerman, mitra dagang terbesar Rusia di Uni Eropa, jatuh ke level terendah dalam 11 bulan, sebesar 51,4 poin​​. Sementara ekonomi terbesar kedua di blok itu, Prancis jatuh jatuh ke 46.9 poin.

"Prancis tetap menjadi perhatian nyata, seperti halnya penurunan di Italia dari ekspansi yang solid. Tanda-tanda bahwa dorongan pertumbuhan menyusut di mesin kunci industri, Jerman. Demikian pula Spanyol dan Belanda kurang meyakinkan," tandas Dobson.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4672 seconds (0.1#10.140)