Gelar Pameran, Kemenperin Dorong IKM

Selasa, 02 September 2014 - 10:14 WIB
Gelar Pameran, Kemenperin Dorong IKM
Gelar Pameran, Kemenperin Dorong IKM
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengadakan pameran bertajuk Produk Unggulan Jawa Timur, untuk memperkenalkan produk-produk kerajinan dari Jatim yang diharapkan mampu mendorong perekonomian di kawasan tersebut.

Direktur Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kemenperin Euis Saedah mengatakan, seiring perkembangan industri kreatif diperlukan produk inovatif yang dibuat dari bahan baku ramah lingkungan.

"Produk kerajinan inovatif dan dibuat dari bahan baku ramah lingkungan agar dapat meningkatkan daya saing," kata dia di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Menurutnya, agar produk tersebut dapat bersaing perlu adanya pemberian merek atau branding. Hal itu, strategi penting dalam memasarkan produk-produk Indonesia.

"Untuk kreativitas selalu diperlukan dalam meningkatkan nilai tambah produk. Tingginya kreativitas yang dimiliki IKM Jawa Timur, juga akan membuat lajunya ke pasar ekspor," ujar dia.

Acara ini akan berlangsung dari 2-5 September 2014, diikuti 45 perajin binaan Dekranasda Provinsi Jatim dari Kabupaten/Kota Jatim.

Adapun produk-produk yang ditampilkan seperti batik, perak, kaligrafi, bordir, perhiasan, aksesoris, kulit, makanan ringan, dan lain-lain.

Euis menjelaskan, IKM merupakan industri potensial, khususnya Jawa Timur. Pasalnya, nilai ekspor dari kerajinannya terus meningkat.

"Perkembangan ekspor Provinsi Jatim terus meningkat secara signifikan, terutama pada 2013-2014. Selama Januari-Juni 2014, ekspor non migas mencapai USD9,5 juta atau naik 28,85% dibanding ekspor non migas periode sama 2013 sebesar USD7,3 juta. Ekspor non migas Jatim didominasi perhiasan senilai USD451 ribu," tandas Euis.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9945 seconds (0.1#10.140)