Pelindo III Layani Bongkar Muat Mobil

Rabu, 03 September 2014 - 17:04 WIB
Pelindo III Layani Bongkar Muat Mobil
Pelindo III Layani Bongkar Muat Mobil
A A A
SURABAYA - PT Pelindo III Cabang Tanjung Perak semakin serius melayani bongkar muat mobil di Surabaya. Pelindo menyiapkan tenaga khusus untuk menurunkan mobil-mobil bernama Satuan Foreman Khusus (Satforsus).

Tim ini akan menangani proses bongkar muatan, mereka akan diberikan training khusus terkait bidang pengoperasian B/M dan nantinya akan diberi penugasan (assignment) secara khusus yang sifatnya mobile.

Mereka diharapkan bisa membantu meningkatkan produktifitas B/M di Terminal Nilan, Mirah dan Jamrud. "Pelindo III menyiapkan SDM dengan membentuk dan membina Satuan Foreman Khusus," kata Kahumas Pelabuhan Tanjung Perak, Dhany R Agustian, Rabu (3/9/2014).

Dia yakin pelayanan ini akan meningkatkan produktifitas perusahaan, karena pengiriman mobil melalui jalur laut semakin banyak. Kemarin, Kapal Serasi 1 telah melakukan pengangkutan, kapal tersebut membawa 543 unit mobil produksi Daihatsu dan Toyota dengan berbagai type yang sandar di Terminal Mirah Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Proses pengiriman ini merupakan keenam kalinya, karena kapal bermuatan ratusan unit mobil sandar di Terminal menurunkan mobil.

Kapal ini biasanya melayani bongkar muat petikemas domestik, general cargo dan offshore. Sementara, Kapal Roro Parani Barito telah melakukan bongkar muat mobil pada awal April 2014.

"Total sejak April 2014 Terminal Mirah telah melayani enam unit kapal serupa, dengan total hingga hari ini sebanyak 3.257 unit mobil dari produksi Toyota dan Daihatsu," ujar Dhany.

Untuk menurunkan 543 mobil ini dibutuhkan waktu sekitar enam jam dengan asumsi satu jam sekitar 90-100 unit mobil. Kurang lebih 60 personil dikerahkan untuk menurunkan mobil dari kapal yang berangkat dari Tanjung Priok tersebut.

Adapun, mobil yang dibawa Serasi 1 terdiri atas type produk Daihatsu Xenia, Ayla, Grandmax Minibus, Pickup dan Box, serta Terrios. Selain itu ada produk Toyota Avanza, Rush, Alphard, New Yaris, Fortuner serta Camry.

"Prosesnya mobil dipersiapkan tenaga bongkar muat diturunkan menuju dermaga dahulu kemudian diatur sedemikian rupa untuk menjalani pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Setelah dinyatakan lengkap, khusus Toyota akan langsung dikendarai petugas dooring/pengiriman menuju gudang di daerah Kalianak. Untuk produk Daihatsu bertahap akan dibawa menuju gudang Daihatsu di Trosobo dan Waru," jelas dia.

Kebijakan ini menguatkan program Pelindo III Cabang Tanjung Perak, yang akan menjadikan Terminal Mirah untuk melayani Kapal Roro yang memuat mobil, general cargo dan offshore. "Nanti akan ada spesifikasi lokasi pelabuhan," kata Deputy GM Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Bambang Hasbullah.

Bambang menuturkan, pada 2014 akan dilakukan penataan terminal secara bertahap. Nantinya 2015 akan dilakukan pembuatan rambu dan marka jalan didalam Terminal Mirah, kemudian pembongkaran gudang akan dibangun tahun 2016 dan dibangun gedung khusus car terminal.

"Semua rencana penataan telah dilakukan, ini akan membuat proses arus dipelabuhan semakin lancar," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5107 seconds (0.1#10.140)