Kadin dan Kemendag Genjot Ekspor Daerah

Kamis, 04 September 2014 - 11:52 WIB
Kadin dan Kemendag Genjot Ekspor Daerah
Kadin dan Kemendag Genjot Ekspor Daerah
A A A
BENGKULU - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI tengah menggenjot aktivasi pengembangan ekspor daerah untuk mengantisipasi defisit neraca perdagangan Indonesia yang masih terjadi hingga saat ini.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahwa neraca perdagangan selama Januari-Juli 2014 mengalami defisit USD1 miliar. Jumlah tersebut masih lebih baik jika dibandingkan kondisi 2013 yang defisit sebesar USD5,6 miliar.

"Meski kinerja perdagangan berangsur membaik, namun defisit perdagangan nasional harus segera ditekan secara terus menerus, agar tak membengkak dan berpengaruh negatif terhadap perekonomian nasional," kata Ketua Komite Tetap Kadin Bidang Modal Ventura dan Pembiayaan Alternatif Safari Azis dalam rilisnya, Kamis (4/9/2014).

Menurut dia, pemerintah dan pelaku harus bersinergi untuk mendorong ekspor komoditas unggulan yang potensial di beberapa daerah. Sehingga dapat berkontribusi meningkatkan perekonomian melalui pertambahan nilai ekspor.

Hal tersebut diharapkan tidak hanya akan berdampak positif terhadap penguatan ekonomi daerah, tetapi juga memperkuat ekonomi nasional.

Safari menuturkan, masing-masing daerah sekarang harus lebih siap menghadapai pasar bebas, seperti ASEAN Economic Community (AEC) 2015 yang akan berlaku tahun depan.

"Bentuk dukungan pemerintah kita harapkan mengarah pada peningkatan daya saing industri, tak terkecuali bagi usaha kecil menengah apalagi yang sudah mengekspor," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5701 seconds (0.1#10.140)