Pesanan Pabrik di AS Juli melonjak 10,5%

Kamis, 04 September 2014 - 15:30 WIB
Pesanan Pabrik di AS Juli melonjak 10,5%
Pesanan Pabrik di AS Juli melonjak 10,5%
A A A
WASHINGTON - Pesanan pabrik di Amerika Serikat (AS) pada Juli 2014 melonjak, didorong permintaan pesawat komersial. Di luar transportasi pesanan sedikit jatuh selama sebulan, namun kemunduran ini diperkirakan bersifat sementara.

Dilansir dari Journal Gazette, Kamis (4/9/2014), Departemen Perdagangan AS melaporkan pesanan pabrik naik 10,5% pada Juli, sebagai kenaikan satu bulan terbesar dalam catatan sejak 1992.

Pesanan untuk pesawat jet sipil naik empat kali lipat. Tidak termasuk transportasi, pesanan turun tipis 0,8% dan kategori kunci yang berfungsi sebagai proxy untuk rencana investasi bisnis susut 0,7%.

Manufaktur telah menjadi sumber kekuatan tahun ini, dibantu permintaan kuat mobil baru, peralatan usaha dan barang-barang konsumen lainnya. Ekonom memperkirakan kekuatan akan terus berlanjut.

Laporan ini juga mencatat barang-barang tahan lama, barang yang diperkirakan berlangsung setidaknya tiga tahun, naik 22,6% pada Juli, tidak berubah dari perkiraan dalam laporan awal pekan lalu. Pesanan untuk barang tahan lama, seperti kertas, bahan kimia dan makanan, turun 0,9% pada Juli setelah kenaikan 0,4% di bulan sebelumnya.

Selain lonjakan permintaan untuk pesawat terbang, pesanan kendaraan bermotor dan suku cadang naik 7,3%. Namun, ada selip di daerah lain. Di mana pesanan untuk logam dasar, seperti baja turun 0,3%, permintaan untuk mesin susut 1,2% dan pesanan komputer, serta produk elektronik lainnya jatuh 14,7%.

Meski demikian, sebagian besar ekonom memproyeksikan bahwa produksi manufaktur akan memberikan dukungan kuat untuk pertumbuhan ekonomi pada semester kedua tahun ini.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1981 seconds (0.1#10.140)