Gerakan Oneintwenty Dorong UMKM Naik Kelas

Jum'at, 05 September 2014 - 12:03 WIB
Gerakan Oneintwenty Dorong UMKM Naik Kelas
Gerakan Oneintwenty Dorong UMKM Naik Kelas
A A A
JAKARTA - Pembina Pro Indonesia, Budi S Isman mengungkapkan, jumlah wirausaha di Indonesia mencapai sekitar 56,5 juta dan 99,8% adalah usaha mikro dan menengah (UMKM).

Untuk meningkatkan potensi tersebut, dalam gerakan Oneintwenty dibuat program UMKM naik kelas, yaitu menargetkan usaha mikro naik kelas menjadi usaha kecil, usaha kecil meningkat menjadi usaha menengah, dan usaha menengah menjadi besar.

Menurutnya, UMKM berkontribusi sebesar 97% terhadap penyerapan tenaga kerja di Indonesia. Hal ini menunjukkan tingginya kontribusi UMKM terhadap kondisi perekonomian di tanah air.

“Dengan Gerakan Nasional Oneintwenty diharapkan wirausaha Indonesia akan lebih banyak lagi dan dapat berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, serta mampu membuka lapangan kerja baru,” terang Budi, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (5/9/2014).

Gerakan nasional Oneintwenty sudah memetakan beberapa kendala yang dihadapi UMKM Indonesia yang berpotensi menghambat perkembangan mereka. Beberapa kendala yang sudah dipetakan di antaranya pengetahuan, pasar, modal, teknologi, legal, paten, dan jaringan.

Gerakan Oneintwenty merupakan bagian dari program Oneintwenty Movement. Di mana dalam program ini, Pro Indonesia bekerja sama dengan Sindonews yang kegiatannya dirangkai di delapan kota, yaitu Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Padang, Surabaya, Padang, Palembang, Pekanbaru, dan Jambi.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8846 seconds (0.1#10.140)