Surplus Perdagangan China Agustus Cetak Rekor Tertinggi

Senin, 08 September 2014 - 10:56 WIB
Surplus Perdagangan China Agustus Cetak Rekor Tertinggi
Surplus Perdagangan China Agustus Cetak Rekor Tertinggi
A A A
BEIJING - Surplus perdagangan China naik ke rekor tertinggi pada Agustus 2014, seiring meningkatnya pengiriman ke AS dan Eropa. Sementara impor turun untuk bulan kedua secara berturut-turut dan permintaan domestik merosot terutama di sektor properti.

Pihak Pabean di Beijing mengatakan, ekspor meningkat 9,4% dari tahun sebelumnya, dibandingkan 9% dari estimasi median dalam survei Bloomberg.

Di samping itu, nilai impor tak terduga turun 2,4%, meninggalkan surplus perdagangan sebesar USD49,8 miliar.

Arah ekspor dan impor menunjukkan bahwa China melakukan beberapa cara untuk mendorong pertumbuhan global, di mana IHS Inc memperkirakan bulan ini akan terjadi penurunan ekonomi AS pada 2024.

Permintaan domestik menggarisbawahi bahwa risiko terhadap target pertumbuhan ekonomi tahun ini sekitar 7,5%, karena harga rumah dan konstruksi jatuh.

"Pelemahan impor berlanjut menyoroti permintaan domestik yang lemah dan pemulihan pertumbuhan rapuh di China," kata Jian Chang, kepala ekonom China Barclays Plc di Hong Kong, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (8/9/2014).

Sebelumnya, peningkatan ekspor melompat 14,5% pada Juli dan membandingkan perkiraan analis keuntungan mulai dari 4,9% menjadi 17%.

Proyeksi rata-rata untuk impor meningkat 3%, setelah terjadi penurunan 1,6% pada Juli. Surplus perdagangan Agustus diperkirakan USD40 miliar, menyusul rekor sebelumnya sebesar USD47,3 miliar.

Ekspor China ke AS naik 11,4% pada Agustus dari tahun sebelumnya, sementara pengiriman ke Uni Eropa meningkat 12,1% (menurut data pemerintah yang dikumpulkan oleh Bloomberg). Sementara impor dari AS menurun 3,1%.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0971 seconds (0.1#10.140)