Saran Firmanzah jika Pemerintahan Baru Naikkan BBM

Senin, 08 September 2014 - 12:46 WIB
Saran Firmanzah jika Pemerintahan Baru Naikkan BBM
Saran Firmanzah jika Pemerintahan Baru Naikkan BBM
A A A
JAKARTA - Rencana penyesuaian harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang akan dilakukan pemerintah baru, perlu melakukan berbagai persiapan dengan matang.

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah mengingatkan pentingnya kesiapan tim pengendalian inflasi agar dampak kebijakan ini terhadap inflasi dapat dikelola secara baik.

Menurutnya, kebijakan penyesuaian harga BBM juga akan memberikan tekanan terhadap daya beli masyarakat akibat kenaikan harga pasca penyesuaian.

Karena itu, program-program khusus untuk menjaga agar daya beli masyarakat, utamanya kelompok menengah kebawah dan miskin sangat dibutuhkan.

Firmanzah mengingatkan, menjaga daya beli domestic tetap terjaga sangat diperlukan, mengingat tidak kurang 56% PDB nasional dikontribusikan sektor konsumsi domestik.

"Terganggunya sektor ini di saat ekonomi global mengalami tekanan yang besar dikhawatirkan membuat realisasi pertumbuhan ekonomi tahun depan tidak sebesar yang disepakati pemerintah dan DPR saat ini," kata Firmanzah yang juga Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ini.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3925 seconds (0.1#10.140)