Dukung Transisi Energi, Pelaku Industri Surya Atap Tawarkan Solusi Tanpa Modal

Jum'at, 30 September 2022 - 21:01 WIB
loading...
Dukung Transisi Energi, Pelaku Industri Surya Atap Tawarkan Solusi Tanpa Modal
Panel surya atap. Ilustrasi foto/pexels
A A A
JAKARTA - Fenomena transisi energi khususnya di bidang ketenagalistrikan merupakan suatu keniscayaan. Komitmen pemerintah Indonesia menjalankan transisi energi dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan hingga 23% pada 2025 mendapat dukungan dari para pelaku industri terkait. Hal ini tentunya menjadi angin segar menuju industri kelistrikan yang lebih ramah lingkungan.

Pada tahun lalu, Indonesia mengumumkan komitmennya untuk mencapai emisi nol bersih pada 2060. Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2021-2030 PLN juga diberi label “RUPTL Hijau” karena meningkatnya pangsa energi terbarukan dalam rencana proyek masa depan Indonesia – sekitar 20,9 GW secara total, dengan pangsa tenaga surya sebesar 4,7 GW dicapai dalam dasawarsa berikutnya.

RUPTL juga menekankan peran penting swasta dan memperkirakan bahwa 63,7% kapasitas tenaga surya baru Indonesia akan dikembangkan oleh perusahaan listrik swasta (Independent Power Producer, IPP) pada dasawarsa berikut.

PT Ineco Solar Solutions (Inecosolar), salah satu perusahaan swasta di industri panel surya atap di Tanah Air, baru-baru ini merampungkan proses akuisisi oleh Yinson Renewables (YR), divisi energi terbarukan perusahaan infrastruktur dan teknologi energi global Yinson Holdings Berhad (Yinson).

YR merupakan perusahaan listrik swasta energi bersih terkemuka dengan portofolio aset kuat di seluruh rantai nilai energi terbarukan yang berfokus pada tiga wilayah inti di Amerika Latin, Eropa, dan Asia-Pasifik.

Pada saat ini, YR memiliki aset operasional serta aset sedang dibangun berkapasitas 460 MW, proyek berkapasitas sekitar 1,5 GW telah diraih dan sedang dikerjakan, dan proyek lain berkapasitas 3 GW hingga 5 GW dalam tahap pengembangan awal.

Dukung Transisi Energi, Pelaku Industri Surya Atap Tawarkan Solusi Tanpa Modal


Melalui akuisisi tersebut, Inecosolar akan dapat memulai rencana pengembangan bisnisnya, termasuk menyediakan solusi lengkap tanpa modal, mengembangkan portofolio proyeknya, dan mengukuhkan posisinya sebagai perusahaan listrik swasta di Indonesia dan di mancanegara.

Untuk diketahui, kesepakatan tanpa modal memungkinkan pelaku bisnis menggunakan panel surya atap photovoltaic (PV) tanpa uang muka dan memperoleh manfaat berupa tarif listrik rendah dalam waktu 15-20 tahun.

Pendiri dan Direktur Inecosolar Benoît Prim mengaku senang dapat menjadi bagian dari Yinson Renewables dalam melanjutkan perjalanan untuk meraih keberhasilan dan pencapaian baru dalam proses transisi energi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)